Pengaruh Gaya terhadap Bentuk dan Gerak Suatu Benda

Artikel terkait : Pengaruh Gaya terhadap Bentuk dan Gerak Suatu Benda


Lihatlah pepohonan di dalaman sekolahmu. Daun-daunnya berguguran jatuh ke tanah. Mengapa benda-benda selalu jatuh menuju ke bawah? Di kelas 3 kalian telah mengenal energi. Energi mampu melakukan kerja? Kerja tersebut dilakukan melalui gaya. Jadi, gaya yang menyebabkan suatu benda itu bergerak. Gaya dilakuakn dengan cara menarik atau mendorong suatu benda. Berdasarkan sumbernya, gaya dapat dikelompokkan menjadi gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek. Bagaimana kerja gaya-gaya tersebut? Dimanakah gaya-gaya tersebut ditemukan? Untuk mengetahuinya, ikutilah uraian berikut ini.
Kita sering menjumpai orang yang sedang melakukan kegiatan memdorong dan menarik gerobak. Gerobak akan berpindah tempat setelah didorong dan ditarik. Sesuatu yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya

A. PENGERTIAN GAYA
Gaya dalah suatu dorongan maupun tarikan yang menyebabkan percepatan, perubahan bentuk suatu benda maupun suatu reaksi. Gaya ada yang kuat dan ada yang lemah. Kuat lemahnya gaya dapat diukur dengan alat pengukur gaya yaitu dinamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N).

B. JENIS- JENIS GAYA
     1. Gaya Magnet
Gaya magnet adalah gaya yang dapat menarik benda tertentu. Setiap benda yang mempunyai kemampuan menarik benda disebut gaya magnet.
         a. Macam-macam magnet
Berdasarkan cara terbentuknya, magnet dibedakan menjadi 2, yaitu magnet alam dan magnet uatan. Magnet alam terjadi secara alami, contohnya magnet bumi. Sedangkan magnet buatan adalah magnet yang dibuat manusia. Ada beberapa bentuk magnet.


Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz