Cara Membuat Ringkasan Buku dengan Baik dan Benar dalam 10 Menit

Artikel terkait : Cara Membuat Ringkasan Buku dengan Baik dan Benar dalam 10 Menit

Materi berikt ini mengenai bagaimana cara membuat ringkasan buku dengan baik dan benar dalam 10 menit. Sampai saat ini, sudah berapa buku yang kamu baca?  Kalau kamu mendapatkan kesulitan menemukan buku  bacaan, kunjungilah perpustakaan sekolahmu atau tempat  penyewaan buku. Kamu pun dapat bertukar pinjam buku  dengan teman. Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar men- dengarkan dan menanggapi peristiwa. Dengan demikian,  hal tersebut dapat melatihmu bersikap kritis terhadap  permasalahan yang ada.
Sekarang, kamu akan membuat ringkasan dari buku  yang dibaca. Buku-buku apa saja yang pernah kamu baca?  Agar wawasan pengetahuan bertambah, kamu harus rajin  membaca buku. Pada saat membaca buku, kamu dapat  menangkap isi buku tersebut. Setidaknya kamu dapat  menjawab pertanyaan: apa isi buku ini? Salah satu cara untuk memahami isi sebuah buku,  yaitu dengan membuat ringkasan buku. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat ringkasan  buku dengan baik dan benar adalah sebagai berikut:
Membaca keseluruhan isi buku dengan cermat;
  • Tulislah pokok-pokok isi buku tersebut dalam bentuk kalimat; 
  • Susunlah kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah ringkasan yang utuh; 
  • Gunakanlah bahasa yang baik dan runtut serta;
  •  Perhatikanlah penggunaan tanda baca.
Perhatikan bacaan dibawah ini!
Jangan Takut Menulis
     Kemampuan menulis adalah salah satu modal pokok dalam berkomunikasi. Kegiatan menulis pun memiliki ke gunan lain dalam kehidupan kita. Melalui tulisan, kita dapat mengekspresikan diri dan menuangkan gagasan-gagasan yangada dalam kepala kita.
    Kita dapat mencari nafkah melalui  tulisan. Tidak sedikit penulis-penulis  dunia yang  menjadikan kegiatan menulis sebagai sebuah profesi. Bagi mereka,  di samping dapat menyalurkan hobi,
menulis pun dapat menyambung hidup mereka.  
    Tulisan pun ternyata banyak mengubah dunia. Tidak sedikit tokoh dunia yang merintis perubahan melalui tulisan mereka. Contohnya, Ali bin Abi Thalib r.a., Imam al-Ghazali, Imam Khomeini, Isaac Newton, Bung Karno, Bung Hatta, R.A.  Kartini, Chairil Anwar, dan lain-lain. Masalahnya, terkadang kita harus  menghadapi berbagai kendala saat menulis. Berbagai ide yang ada di dalam  benak kita terkadang begitu sulit untuk diwujudkan menjadi sebuah tulisan. 
    Salah satu kendala yang sering kita hadapi adalah rasa malas. Buku karya Yanti Dwi Damayanti  ini memberi kita motivasi untuk menulis.  Melalui tips menarik dan inspiratif, penulis meng ajak kita untuk bersama- sama menepis rasa malas untuk me- nulis. Tidak hanya itu, kita pun akan  mendapatkan berbagai kiat mengatasi  berbagai kendala dalam menulis.
 Sekarang, giliran kamu meringkas isi buku. Untuk itu, kerjakanlah latihan berikut!
  1. Bacalah sebuah buku yang kamu sukai yang terdapat di perpustakaan  sekolahmu.
  2. Tuliskanlah pokok-pokok isi buku tersebut di buku tulismu. Ikutilah bentuk  penulisan seperti berikut.
cara meringkas buku dengan benar

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz