Mendengar dan Menanggapi Cerita tentang Peristiwa

Artikel terkait : Mendengar dan Menanggapi Cerita tentang Peristiwa

Setiap hari terdapat peristiwa di sekitar kita. Peristiwa itu ada yang menyenangkan dan ada pula yang menyedihkan. Peristiwa yang menyenangkan adalah peristiwa yang mengakibatkan orang yang mengalami atau orang di sekitarnya senang atau bahagia. Peristiwa atau kejadian yang menyedihkan adalah peristiwa yang mengakibatkan orang yang mengalami atau orang di sekitarnya bersedih. Pada kesempatan ini kamu akan diajak belajar menanggapi cerita tentang peristiwa. Untuk itu, siapkan buku catatanmu dan bersiap-siaplah mendengarkan cerita tentang peristiwa berikut!
1. Mendengarkan dan Mencatat Pokok-Pokok Peristiwa
    Ayo, dengarkan cerita tentang peristiwa yang dialami Latif dan keluarganya
   berikut ini! Tutuplah bukumu dan siapkan catatanmu! Guru akan membacakannya.

                                                            Mengenal Industri Mebel
Mulai kelas V ini aku mengenal industri mebel. Hal ini karena orang tuaku membuka usaha pembuatan mebel. Usaha itu memang masih termasuk kecil. Karyawannya pun hanya lima orang. Agar mebel yang diproduksi itu sesuai dengan selera masyarakat, ayah sering mencari informasi tentang bentuk-bentuk mebel yang disukai masyarakat. Aku pun sering mende- ngarkan penjelasan ayah tentang mebel yang sedang disukai masyarakat pada tempo waktu tertentu. Dari penjelasan ayah tersebut aku mengetahui bahwa selera masyarakat terhadap mebel berubah-ubah.
Aku juga sering ikut ayah untuk mencari bahan baku pembuatan mebel. Aku dan ayah sering berpindah-pindah tempat dalam mencari bahan baku karena memang belum memiliki langganan. Oleh karena itu, ada banyak tempat yang sudah pernah aku kunjungi bersama ayah. Aku juga sering mencoba hal-hal yang dilakukan para karyawan dalam pembuatan mebel itu. Aku mengira bahwa pekerjaan itu mudah dan tidak berisiko. Aku juga mengira tidak diperlukan kehati-hatian dalam pekerjaan itu. Namun, ternyata aku salah. Aku sudah membuktikannya sendiri. Hal itu terjadi pada saat aku mencoba memaku sebuah kayu. Paku itu aku pukul dengan palu. Namun, karena tidak hati-hati, jariku yang memegang paku itu justru terpalu. Saat itu sakitnya luar biasa dan aku sekuat tenaga menahan tangis. Sekarang rasa sakit itu sudah hilang. Namun, aku belum dapat melupakan peristiwa itu. Dari peristiwa itu, aku belajar untuk berhati-hati dan tidak memandang remeh setiap pekerjaan. Peristiwa tersebut juga tidak membuatku kehilangan ketertarikan terhadap usaha pembuatan mebel. Hal itu aku lakukan karena di sana aku memperoleh banyak hal baru.

Berdasarkan cerita tentang peristiwa yang kamu dengarkan, kamu dapat mencatat pokok-pokok peristiwanya. Pokok-pokok cerita di atas adalah sebagai berikut.
a. Aku mengenal industri mebel sejak kelas V.
b. Selera masyarakat terhadap mebel berubah-ubah.
c. Aku sering ikut ayah untuk mencari bahan baku pembuatan mebel.
d. Aku sering mencoba hal-hal yang dilakukan para karyawan dalam pembuatan mebel.
e. Aku belajar berhati-hati dan tidak memandang remeh setiap pekerjaan.
f. Aku memperoleh banyak hal baru.

2. Mengajukan Pertanyaan
Berdasarkan pokok-pokok peristiwa tersebut kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang isi peristiwa yang belum kamu ketahui. Kamu dapat bertanya menggunakan kata tanya apa , siapa, di mana, mengapa, kapan , atau  bagaimana .
Perhatikanlah contoh berikut ini!
a. Kapan  usaha pembuatan mebel itu mulai dijalankan?
b. Hal-hal apa  yang kamu lakukan berkaitan dengan usaha pembuatan mebel
tersebut?
c. Bagaimana  caramu menahan sakit pada saat terkena palu itu?

Cobalah membuat pertanyaan berdasarkan peristiwa yang sudah kamu simak
di atas!

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz