Mengomentari Persoalan

Artikel terkait : Mengomentari Persoalan

Di sekitar kita ada banyak persoalan. Jika menemui persoalan, kita harus berusaha menyelesaikannya. Setidaknya memberikan saran atau masukan. Saran atau masukan yang kita berikan disebut tanggapan. Kali ini kamu akan diajak belajar mengomentari persoalan.
Menjelaskan Persoalan
Menjelaskan persoalan berarti memberikan keterangan sejelas-jelasnya mengenai suatu persoalan. Coba bacalah contoh persoalan dalam teks berikut ini!
Membuat Tempe
Tempe merupakan makanan favorit banyak orang. Bahannya pun cukup sederhana, yaitu kedelai dan ragi. Namun, pembuatannya memerlukan kesabaran. Selain itu, mahalnya harga kedelai sering kali menjadi persoalan bagi usaha pembuatan tempe yang ditujukan untuk dijual.
Langkah-langkah membuatnya adalah ambil 1 kg ked elai, cuci bersih, lalu rendam selama 24 jam. Remas-remaslah kedelai agar kulit arinya lepas kemudian rebuslah selama 30 menit. Buang air rebusan, lalu aduk-aduk kedelai di atas kompor hingga hilang kandungan airnya tetapi tidak sampai gosong. Setelah cukup, tuang kedelai ke wadah yang benar-benar bersih. Setelah kedelai dingin, taburkan 2 gr ragi dan aduk hingga rata. Masukkan kedelai ke  dalam plastik sesuai selera, hingga ketebalan kira-kira 2–3 cm. Tutuplah plastik, misalnya dengan bantuan nyala api dari lilin. Namun, jika tidak hati-hati, plastik dapat terbakar dan rusak. Selanjutnya, berilah kira-kira delapan lubang untuk sisi atas dan bawah. Letakkan pada papan yang tidak tertutup, baik bagian bawah maupun atasnya sehingga ada sirkulasi udara. Setelah lebih kurang 36 jam, tempe siap dimasak. Untuk yang tinggal di negara dengan suhu dingin tempe perlu dibalut dengan handuk agar lebih hangat sebelum diletakkan di papan.

Untuk menjelaskan persoalan dalam teks di atas, kamu harus mengetahui lebih dahulu fakta dalam teks di atas. Fakta-fakta dalam teks di atas, antara lain, sebagai berikut.
  1. Langkah-langkah membuat tempe, yaitu ambil 1 kg kedelai, cuci bersih, lalu rendam selama 24 jam.
  2. Remas-remas kedelai agar kulit arinya lepas.
  3. Tuang kedelai ke wadah agar cepat dingin.
  4. Papan yang tidak tertutup baik bagian bawah maupun atasnya sehingga ada sirkulasi udara.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut kamu dapat memberikan penjelasan secara
lisan dengan bahasamu sendiri. Perhatikan contohnya berikut ini.

”Teman-teman berdasarkan teks di atas, dapat diketahui bahwa tempe dapat kita buat sendiri. Namun, dalam pembuatannya diperlukan kesabaran. Diperlukannya kesabaran dalam pembuatan tempe, misalnya, tampak pada saat pemberian ragi, kita harus menunggu kedelai benar- benar dingin. Jika tidak, hasilnya tentu tidak seperti yang kita harapkan. Selain itu, mahalnya harga kedelai sering kali menjadi masalah bagi usaha pembuatan tempe yang ditujukan untuk dijual. Demikianlah teman-teman, contoh persoalan dalam pembuatan tempe. Nah, sekarang kami mohon teman-teman memberikan tanggapan atas persoalan tersebut. Terima kasih.”

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz