Kerukunan dalam Bermasyarakat

Artikel terkait : Kerukunan dalam Bermasyarakat

Ini adalah cuplikan materi Tema 3 Subtema: Kerukunan dalam Bermasyarakat.
Materi ini tentang rangkaian listrik, rangkaian seri maupun paralel.
Kerukunan dalam Bermasyarakat
Edo dan teman-teman selesai bermain sepak bola. Mereka merasa kepanasan, lalu beristirahat di bawah pohon rindang. Angin yang berembus sepoi-sepoi  mengeringkan keringat yang bercucuran. Mereka menjadi segar kembali. Saat udara di ruangan terasa panas, kita dapat mendinginkan ruangan dengan  menyalakan kipas angin. Angin yang berembus akan mengalirkan udara panas ke  luar ruangan sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Kipas angin yang kita gunakan memakai listrik agar bisa hidup. Itulah salah satu kegunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
                                                                 Sumber Enerji Listerik
Saat ini hampir semua peralatan yang digunakan manusia bekerja menggunakanenerji listerik. Lampu, tivi, kipas angin, lemari es, telepon genggam, dan penanak nasi merupakan beberapa contoh peralatan rumah tangga yang menggunakan enerji listerik. Selain peralatan rumah tangga, banyak lagi peralatan lain yang menggunakan enerji listerik, misalnya komputer, gergaji listerik, bahkan kereta api listerik.
Dari mana kita mendapatkan sumber energi listerik? Salah satunya adalah dari batre. Peralatan listerik berukuran kecil biasanya menggunakan batre. Bendabenda tersebut misalnya telepon genggam, lampu senter, mobil mainan, dan jam dinding. Batre menyimpan sejumlah enerji listerik yang akan habis setelah digunakan dalam beberapa waktu tertentu. Selanjutnya, batre tersebut harus diganti atau diisi ulang.
Lampu listrik hampir selalu ada di setiap rumah. Bagaimana lampu bisa menyala?  Lampu listrik menyala ketika dirangkaikan dengan sumber listrik. Secara umum ada dua macam rangkaian listrik. Perhatikan penjelasan berikut.
1.  Rangkaian Listrik Seri
Rangkaian listrik seri adalah rangkaian alat listrik yang disusun secara berurutan. Contoh rangkaian alat listrik seri seperti gambar berikut ini.
Perhatikan gambar di atas. 
Dua lampu listrik tersebut disusun secara berurutan. Rangkaian dengan bentuk seperti itu dinamakan rangkaian lampu secara seri. Dalam rangkaian jenis ini, jika salah satu lampu padam, lampu yang lain akan ikut padam. Arus listrik yang mengalir di kedua lampu mempunyai besar yang sama.
Adapun tegangan listrik pada kedua lampu mempunyai sifat sebagai berikut.
a.  Jika kedua lampu mempunyai ciri sama, tegangan listrik bernilai sama.
b.  Jika kedua lampu mempunyai ciri yang berbeda, tegangan listrik akan berbeda.
2.  Rangkaian Listrik Paralel
Rangkaian listrik paralel adalah rangkaian alat listrik yang disusun secara
bertingkat atau sejajar. Contoh rangkaian alat listrik paralel seperti gambar berikut ini.
Perhatikan gambar di atas. Dua lampu listrik tersebut disusun secara sejajar. Rangkaian dengan bentuk seperti itu dinamakan rangkaian lampu secara paralel. Dalam rangkaian jenis ini, jika salah satu lampu padam, lampu yang lain akan tetap menyala. Tegangan listrik pada kedua lampu bernilai sama.
Arus listrik pada kedua lampu mempunyai sifat sebagai berikut.
1.  Jika kedua lampu mempunyai ciri sama, arus listrik bernilai sama.
2.  Jika kedua lampu mempunyai ciri yang berbeda, arus listrik akan berbeda.
Selain lampu listrik, banyak benda lain menggunakan energi listrik, misalnya lemari es, mesin cuci, hingga mesin-mesin yang digunakan di pabrik-pabrik besar. Diantara benda-benda yang menggunakan energi listrik tersebut, ada benda-benda yang harus diimpor, misalnya berbagai mesin di pabrik-pabrik besar.
Kebanyakan benda berteknologi tinggi masih harus kita impor dari luar negeri karena kita belumdapat memproduksinya sendiri. Kelak, jika kemampuan sumber daya manusia Indonesia meningkat, tentu kita dapat memproduksi benda-benda itu juga. Bahkan, saat itu kita juga dapat mengekspornya ke negara lain.
Demikian cuplikan artikel materi Kerukunan dalam Bermasyarakat.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz