Cara Menghemat dan Menggunakan Air dengan Bijak

Artikel terkait : Cara Menghemat dan Menggunakan Air dengan Bijak

Cara Menghemat dan Menggunakan Air dengan Bijak.
Cara Menghemat dan Menggunakan Air dengan Bijak. Kelangkaan air bersih, saat ini sudah terjadi di berbagai tempat di Indonesia.  Semakin lama, semakin banyak sungai dan danau maupun telaga yang mengering.
Banyak orang kehilangan sumber air dan juga mata pencahariannya. Meskipun demikian, kesadaran masyarakat untuk menggunakan air dengan hemat dan lebih  bijak masih harus terus ditingkatkan. Demikian juga, anjuran untuk menjaga sumber  air agar tetap lestari dengan menjaganya agar tidak,tercemar limbah industri dan mrumah tangga, harus tetap dilakukan.
Semua masalah ini bersumber dari terganggunya daur air terutama karena  keringnya sumber-sumber air di permukaan bumi akibat menyusutnya air tanah.  Satu satu cara untuk memperbaiki keadaan ini adalah dengan meningkatkan  kembali penyerapan air ke dalam tanah untuk meningkatkan cadangan air tanah. Sebenarnya setiap orang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk ikut  serta menghindarkan kita dari kelangkaan air tanah. Setiap rumah tangga dapat  melakukan beberapa hal berikut.
1.  Memisahkan limbah rumah tangganya terutama plastik agar tak tercampur  dengan sampah yang dapat di daur ulang, sehingga tidak menutupi resapan  air.
2.  Membiarkan sebanyak mungkin halaman rumahnya terbuka, tidak tertutup  semen.
3.  Menanam pohon di areal terbuka rumahnya, besar maupun kecil.
4.  Memilih peralatan yang menggunakan air dengan hemat (toilet siram, mesin  cuci, keran air dan sebagainya) yang dapat menggunakan air dengan lebih  efisien.
Setiap orang dapat melakukan hal berikut.
1.  Menggunakan air untuk keperluan sehari-hari dengan lebih bijak dan hemat.
2.  Mengingatkan/mengkampanyekan penggunaan air yang bijak kepada orang  di sekitarnya.
Di dalam wilayah yang lebih luas, yaitu negara, dapat juga dipikirkan cara sebagai
berikut.
1.  Mempertahankan dan meningkatkan areal hutan. Perlu dibuat areal hutan  tambahan baik di perkotaan (hutan kota, taman, dan tempat wisata) juga di  perdesaan (perkebunan, dan pemanfaatan lahan kosong).
2.  Membuat kebijakan untuk memperluas daerah penyerapan air dan pohon di  setiap gedung dan perumahan.
Demikian materi Cara Menghemat dan Menggunakan Air dengan Bijak.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz