Manfaat Sendi pada Sistem Rangka Manusia

Artikel terkait : Manfaat Sendi pada Sistem Rangka Manusia

Tulang manusia berhubungan satu sama lain. Hubungan antara tulang tulang manusia disebut sendi. Ada sendi yang dapat digerakkan dan ada juga sendi yang tidak dapat digerakkan. Contoh beberapa sendi yang terdapat pada tubuh manusia adalah sebagai berikut.
a. Sendi engsel
Sendi engsel adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel jendela
atau pintu. 

Manfaat Sendi
Sendi Engsel
Contoh sendi engsel adalah sendi pada siku yang menghubungkan tulang lengan atas dan lenggan bawah, sendi pada lutut yang menghubungkan tulang paha dan tulang kaki bawah, serta sendi pada ruas jari tangan dan ruas jari kaki.
b. Sendi peluru
Sendi peluru adalah sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah. Hal tersebut dapat terjadi karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. 
Manfaat Sendi
Sendi Peluru

Pada sendi peluru terjadi pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dengan tulang berbentuk mangkuk. Contohnya, sendi pada ruas tulang leher yang paling atas, sendi pada bahu yang menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang gelang bahu, serta sendi pada panggul yang menghubungkan tulang paha dan tulang gelang panggul.
c. Sendi pelana, 
Sendi pelana adalah sendi yang bergerak ke dua arah, yaitu ke samping dan ke depan. Contohnya, sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari. 
Manfaat Sendi
Sendi Pelana

Cobalah kamu gerakkan ibu jarimu. Ke mana saja ibu jarimu dapat kamu gerakkan? Dapatkah jarimu yang lain digerakkan seperti itu?
d. Sendi geser
Sendi geser adalah persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain. Sendi geser hanya memungkinkan sedikit gerakan. 
Manfaat Sendi
Sendi Geser
Sendi geser dijumpai pada tulang hasta dan tulang pengumpil. Tanyakan kepada bapak ibu guru bagian tubuh lain yang terdapat sendi geser!
e. Sendi putar, 
Sendi putar adalah persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. 
Manfaat Sendi
Sendi Putar

Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang atlas (tulang leher yang pertama) dan tulang tengkorak. Tulang atlas masuk ke dalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz