Penggunaan Huruf Kapital

Artikel terkait : Penggunaan Huruf Kapital

Apakah kamu sudah tahu penggunaan huruf kapital? Jika belum, perhatikan uraian
berikut ini!
  1. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Contoh: Meskipun kamu.
  2. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama petikan langsung.  Contoh: Ibu berkata, “Pergilah sesuka hatimu!”
  3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam ungkapan yang berhubungan  dengan nama Tuhan, agama, dan kitab suci.  Contoh: Allah, Yang Mahakuasa, hamba-Mu, Alquran
  4. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang.  Contoh: Nabi Isa, Raden Ajeng Kartini, Sultan Agung.
  5. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang  diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama  instansi, atau nama tempat. Contoh: Ketua MPR Amien Rais, mantan Presiden  B.J. Habibie, Gubernur Jawa Timur, Dinas Pendidikan
  6. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang. Contoh: Dewi  Sartika, Amien Rais.
  7. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku, dan bahasa. Contoh: bangsa Indonesia, suku Sunda, bahasa Jawa.
  8. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari raya, dan peristiwa sejarah. Contoh: tahun Masehi, bulan September, Perang Dunia II.
  9. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga  pemerintah dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata seperti  dan. Contoh: Menteri Kehakiman dan HAM
  10. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata di dalam nama buku,  majalah, surat kabar, dan judul karangan kecuali kata seperti di, ke, dari, dan,  yang, untuk yang tidak terletak pada posisi awal. Contoh: Ia penulis buku Hak Gus Dur untuk Nyleneh.
  11. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat,  dan sapaan. Contoh: Dr., M.Pd., S.Pd.
  12. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan  seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman yang dipakai dalam penyapaan  dan pengacuan. Contoh: Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
  13. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Anda. Contoh: Surat Anda  telah kami terima.
Demikian hal yang perlu anda ketahui dalam Penggunaan Huruf kapital

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz