Gaya Magnet

Artikel terkait : Gaya Magnet

Gaya tidak dapat dilihat. Kita hanya dapat melihat efek atau akibat dari gaya. Gaya yang bekerja pada suatu benda dapat berupa tarikan dan dorongan. Gaya dapat merubah bentuk suatu benda. Gaya dapat mengubah arah benda. Gaya dapat menggerakkan benda yang diam. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda dan menghentikan benda. Pada bagian ini kamu akan mempelajari tiga macam gaya. Gaya apa sajakah itu? Ketiga gaya tersebut adalah gaya magnet, gravitasi, dan gesek. Ketiganya berhubungan erat dengan gerak benda dan energi.
Gaya magnet
Apakah magnet itu? Magnet adalah bahan yang dapat menarik beberapa logam tertentu. Benda-benda yang terbuat dari besi atau baja dapat ditarik oleh magnet.Gaya magnet merupakan gaya tak sentuh ataugaya tak kontak. Gaya ini dapat bekerja meski tidak bersentuhan.
A. Benda-benda magnetis dan tidak magnetis
Tidak semua benda mengalami gaya magnet. Benda yang menerima gaya magnet dikatakan bersifat magnetis. Benda yang menolak gaya magnet dikatakan bersifat nonmagnetis.
Ada benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Ada benda yang ditarik lemah oleh magnet. Ada pula benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Berdasarkan sifat kemagnetannya, benda digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:
* Feromagnetik, yaitu benda yang memiliki sifat kemagnetan kuat.
* Paramagnetik, yaitu benda yang memiliki sifat kemagnetan lemah.
* Diamagnetik, yaitu benda yang tidak memiliki sifat kemagnetan.
Magnet hanya dapat menarik logam-logam tertentu. Logam dari besi, nikel, kobalt, dan baja dapat ditarik oleh magnet. Ketika logam ditarik oleh magnet, logam itu akan bergerak dan menghasilkan gaya. Gerak logam menuju magnet tersebut membutuhkan energi.
Logam dari aluminium, perak, dan tembaga tidak dapat ditarik oleh magnet. Magnet pun tidak dapat menarik benda-benda yang bukan logam, seperti plastik, kertas, dan daun.

B. Kekuatan gaya magnet
Gambar disamping menunjukkan bahwa serbuk besi banyak berkumpul di sekeliling magnet. Daerah sekitar magnet itu mendapat pengaruh gaya tarik magnet. Daerah di sekitar magnet yang dipengaruhi gaya tarik magnet disebut medan magnet.Medan magnet tersusun oleh garis-garis gaya magnet.
Di sekitar kutub magnet, garis-garis gaya magnet tersebut semakin rapat. Sebaliknya, semakin jauh dari kutub magnet garis-garis gaya magnet semakin tidak rapat.
Kerapatan garis-garis gaya magnet dapat dipakai untuk menunjukkan kuat lemahnya gaya magnet. Kutub magnet mempunyai garis-garis gaya yang paling rapat, sehingga memiliki gaya tarik magnet paling kuat. Sebaliknya, daerah di sekitar kutub magnet garis-garis gayanya tidak terlalu rapat. Artinya, gaya tarik magnetnya tidak begitu kuat.

C. Penggunaan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari
Dalam kehidupan sehari-hari magnet memberi banyak manfaat. Ada beberapa alat rumah tangga yang menggunakan magnet. Sebagai contoh adalah pintu kulkas (lemari es). Kompas, gunting jahit, dan tempat pensil bermagnet merupa kan contoh lain pemanfaatan gaya magnet. Benda-benda apa lagi yang memanfaatkan sifat magnet?

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz