Asal Usul Surabaya serta Simbol “Sura” dan “Baya”

Artikel terkait : Asal Usul Surabaya serta Simbol “Sura” dan “Baya”

Asal Usul Surabaya - Kota Surabaya mengandung filosofi perjuangan yang disimbolkan dengan air dan tanah. Selain itu, kota Surabaya mengandung mitos tentang cerita pertarungan antara ikan suro (sura) dan boyo (buaya). Diperkirakan kata tersebut muncul setelah adanya pertarungan tersebut. Berdasarkan mitos tersebut, terbentuklah simbol kota Surabaya berbentuk tugu yang dikelilingi oleh ikan suro dan buaya sedang bertarung.
Walikota madya Kepala Daerah Tingkat II Surabaya, Mr. Soeparno membuat Surat Keputusan No. 64/WK/75 tentang Hari Jadi Kota Surabaya. Surat keputusan tersebut memutuskan bahwa tanggal 31 Mei 1293 adalah Hari Jadi Kota Surabaya. Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan keputusan beberapa sejarawan yang dibentuk oleh pemerintah Surabaya, bahwa kota Surabaya berasal dari kata suro ing baya, artinya keberanian menghadapi bahaya yang berasal dari kalahnya pasukan Mongol oleh pasukan Jawa yang dipimpin oleh Raden Wijaya pada tanggal 31 Mei 1293.
Asal Usul Surabaya

Kisah tentang simbol dan asal usul kota Surabaya mempunyai beberapa versi. Salah satunya yang terkenal adalah seperti yang dikisahkan oleh pemimpin Nutspaarbank di kota Surabaya, LCR. Greeman pada tahun 1918 tentang pertarungan ikan sura dan buaya.
Ada banyak cerita yang mengisahkan tentang arti dan semangat Surabaya. Semua terinspirasi dari simbol Surabaya. Simbol kota Surabaya yang sampai sekarang masih digunakan ini dikeluarkan oleh DPRS kota Surabaya dengan Surat Keputusan No. 34/DPRS tanggal 19 Juni 1955 dan dikuatkan oleh Surat Keputusan Presiden (Keppres RI) No. 193 tahun 1956 pada tanggal 14 Desember 1956 yang isinya sebagai berikut.
Asal Usul Surabaya
  1. Simbol berbentuk perisai segi enam, artinya melindungi kota Surabaya.
  2. Tombak berukir, artinya isyarat perjuangan pemuda Surabaya dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan kolonialisme penjajah.
  3. Simbol ikan sura dan buaya atau suro ing baya, artinya pemuda Surabaya tidak gentar menghadapi bahaya.
  4. Warna biru, hitam, putih keperakan, dan kuning emas terlihat bersih dan bersinar kemilau sebagai lambang mata air.
Demikian artikel mengenai  asal usul Surabaya serta simbol “Sura” dan “Baya”.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz