Fotosintesis Tumbuhan Hijau

Artikel terkait : Fotosintesis Tumbuhan Hijau



Proses pengolahan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Bahan-bahan untuk membuat makanan adalah air (H2O) dan karbondioksida (CO2). Bahan-bahan diperoleh dari dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar, khususnya rambut akar. Sedangkan karbondioksida diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel).
Setelah semua bahan dikirim ke daun, fofosintesis siap dilakukan. Pembuatan makanan terjadi di daun yang banyak mengandung klorofil. Klorofil akan mengikat sinar matahari. Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah air dan karbondioksida. Pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Reaksi fotosintesis dapat ditulis sebagai berikut.
Karbohidrat sebagai hasil dari proses fotosintesis akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Bagi tumbuhan karbohidrat ini berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, berkembang biak, dan sebagainya.
 Fotosintesis

Namun tidak semua karbohidrat tersebut akan digunakan. Sebagian akan disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Hasil fotosintesis selain karbohidrat adalah oksigen. Gas ini sangat dibutuhkan oleh hewan dan manusia. Oksigen dimanfaatkan untuk bernapas. Gas oksigen akan dilepaskan tumbuhan ke udara dan akan dimanfaatkan makhluk hidup yang lain.
Sebagian hasil fotosintesis tumbuhan hijau akan disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan akan digunakan oleh tumbuhan. Penggunaannya pada saat bahan-bahan di tanah mulai menipis. Misalnya, saat musim kemarau. Tempat tumbuhan menyimpan makanan, misalnya pada umbi, buah, biji dan batang. Berikut contoh tumbuhan yang memiliki cadangan makanan di tubuhnya.
  1. Pada umbi, misalnya kentang, singkong, ketela, talas, bawang merah, dan bawang putih
    Fotosintesis
  2. Pada buah, misalnya mangga, apel, jeruk, pepaya, dan pisang.
    Fotosintesis
  3. Pada biji, misalnya kacang tanah, kacang kedelai, jagung dan kacang hijau.
    Fotosintesis
  4. Pada batang, misalnya sagu dan tebu.
    Fotosintesis
Demikian artikel mengenai proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz