Tahukan Kamu, Gajah adalah Hewan Darat Terbesar

Artikel terkait : Tahukan Kamu, Gajah adalah Hewan Darat Terbesar

Gajah merupakan hewan darat yang terbesar dan masih ada sampai saat ini. Di antara banyak hewan hanya ikan pauslah  yang mampu menyaingi besarnya gajah. Pada saat ini, gajah banyak terdapat di India, Afrika, Sri Lanka, dan daerah lain di sekitar Asia.
Gajah adalah merupakan hewan tinggi yang memilik tubuh dan kepala yang besar. Kepala gajah memiliki 2 ciri khas, yaitu belalai yang panjang dan gading. Belalai adalah merupakan moncong dan bibir atas yang memanjang. Gading gajah merupakan gigi khusus yang memanjang dan digunakan untuk senjata atau alat penggali. Gajah termasuk dalam kelompok mamalia berkuku. Hewan ini bisa  digolongkan menjadi dua jenis. Jenis pertama disebut Elephas, yang mencakup gajah di Asia. Jenis kedua disebut Loxodonta, yang mencakup gajah di Afrika. Kedua jenis gajah ini masing-masing berbeda ukuran tubuh, struktur telinga dan gadingnya. Gajah Afrika berukuran lebih besar daripada gajah didaerah Asia. Gajah Afrika jantan tingginya mencapai 3 sampai 4 meter dan memiliki berat 5.000 sampai 7.500 kg.
Gajah adalah Hewan Darat Terbesar
Gajah Afrika berukuran lebih besar daripada gajah didaerah Asia.
Belalai gajah merupakan organ yang berotot kuat. Belalai ini bisa berfungsi untuk memegang benda. Selain itu, belalai gajah berguna untuk mengisap air. Walaupun begitu, belalai gajah sebenarnya tidak digunakan untuk minum. Mula-mula, air diisap dengan belalai , kemudian disemprotkan ke dalam mulut gajah.
Belalai gajah juga bisa berguna untuk memasukkan makanan ke mulut. Dengan menggunakan belalai, gajah bisa dengan leluasa memakan tanaman yang ada ditanah atau ranting-ranting dan cabang-cabang lunak dari   atas pohon.
Kadang-kadang, ranting pohon demikian tinggi sehingga sulit dijangkau dengan belalai. Oleh karena itu, gajah sering mengatasi masalah tersebut dengan cara merobohkan pohon dengan menggunakan kepalanya. Ketika gajah melawati daerah berhutan, hewan ini melindungi penunggangnya dari ranting dan cabang pohon yang merintangi perjalanan. Selain itu, gajah bisa digunakan untuk mengangkut batang pohon atau balok kayu yang besar.
Itulah artikel mengenai gajah yang merupakan hewan darat terbesar.


Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz