8 Planet Dalam Tata Surya

Artikel terkait : 8 Planet Dalam Tata Surya

Tata surya adalah merupakan susunan beberapa benda langit yang diantaranya adalah matahari, planet, dan beberapa benda langit lainnya. Planet dan benda langit lain secara teratur dan terus menerus mengelilingi matahari yang merupakan pusat perputaran.Matahari adalah sebuah bintang yang paling dekat dengan bumi kita. Bintang adalah  benda langit yang mampu menghasilkan cahaya. Karena letaknya dekat dengan bumi, maka cahaya matahari tampak lebih terang dan ukuran matahari tampak lebih besar jika dibandingkan dengan jutaan bintang lainnya. Matahari dapat memancarkan cahaya dan panas karena inti matahari terjadi reaksi fusi yang bisa menghasilkan energi yang luar biasa besar. Suhu inti pada matahari ± 15 .000.000 °C dan suhu pada permukaan +/- 6.000 °C. Panas yang dihasilkan matahari adalah sumber energi yang utama di bumi.  Matahari memeiliki bentuk yang menyerupai bola gas dengan diameter ±1.400.000 km. Volume matahari hampir mencapai 1 juta kali volume bumi.
Dengan ukuran matahari yang sangat besar  maka matahari memiliki gaya gravitasi yang  besar. Dengan adannya gaya gravitasi tersebut maka terjadi gaya saling tarik-menarik antara matahari dengan planet dan benda langit lain . Hal inilah yang menyebabkan  planet dan benda langit lain selalu beredar mengelilingi matahari.

Sampai pada saat ini planet yang dapat ditemukan didalam susunan tata surya ada 8 buah planet, yaitu Merkurius, Venus, bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Sesuai dengan letak planet terhadap bumi kita, maka planet dikelompokkan menjadi planet dalam dan planet luar. Planet dalam terdiri atas dari Merkurius dan Venus karena 2 planet ini masih berada didalam orbit bumi. Kemudian, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut dengan planet luar karena sudah berada di luar orbit bumi.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz