Hutan Lumut Laut (Kelp)

Artikel terkait : Hutan Lumut Laut (Kelp)

Lumut laut atau kelp adalah salah satu jenis alga cokelat. Bentuknya mirip  tumbuhan biasa, tetapi sebenarnya bagian dari keluarga protista. Protista adalah kelompok makhluk hidup yang bukan hewan dan tumbuhan. Misalnya, 
protozoa dan alga.
Hutan Lumut Laut (Kelp)
Lumut laut tumbuh di perairan bersuhu  di bawah dua puluh derajat Celsius. Dingin. Airnya harus kaya nutrisi dan bersih. Lumut laut biasanya ditemukan di perairan dangkal dan berbatu, misalnya di pesisir pantai. Hutan lumut laut ada di Australia, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan.
Akar lumut laut atau holdfast berguna untuk mencengkram bebatuan agar tidak terseret arus. Blade atau daunnya tumbuh 30–50 cm setiap hari. Cepat sekali, bukan?  Oleh karena itu, lumut laut disebut juga protista laut yang tumbuh tercepat di dunia. Di daunnya, ada gas bladder yang menegakkan tubuh lumut ke arah sinar matahari agar mudah berfotosintesis.
Tinggi lumut laut sekitar enam meter sampai tiga puluh meter. Ada juga yang mencapai enam puluh meter. Pantas jika ia disebut sebagai protista laut terpanjang.
Lumut laut dapat dibuat odol, sabun, jeli, dan lainnya. Lalu hutannya menjadi rumah dan tempat mencari makanan bagi hewan-hewan laut. Lumut laut dapat memperhalus gerakan ombak di pantai. Jadi, erosi di pantai tidak terlalu besar.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz