Rumpun Bambu

Artikel terkait : Rumpun Bambu

Bambu pun dapat menyelamatkan hutan hujan. Bambu dapat menggantikan peranan kayu agar luas hutan yang ditebang dapat ditekan. Para ahli lingkungan menyarankan para pembuat rumah untuk menggunakan bambu.
Rumpun Bambu
Misalnya, sebuah proyek di Kota Costa Rica membangun seribu rumah dengan bambu dari lahan sekitar enam puluh hektare. Jika proyek tersebut menggunakan kayu, tidak kurang dari lima ratus hektare hutan yang harus ditebang.
Pertumbuhan bambu jauh lebih cepat dari kayu apapun. Satu rumpun dapat menumbuhkan dua ratus pucuk bambu dalam waktu tiga hingga lima tahun. Jika kayu akan mati dengan sekali tebang, tidak demikian dengan bambu.
Rumpun bambu terus menumbuhkan tunas-tunas baru. Rumpun
Di banyak negara, bambu sudah  diolah dengan teknologi tinggi menjadi  plaboo( bambu lapis) untuk menggantikan  plywood(kayu lapis). Plyboodigunakan  sebagai bahan lantai dan pelapis dinding. 
Bambu juga banyak digunakan untuk  pulp sebagai bahan baku kertas. Dengan  begitu, bambu ikut menyelamatkan hutan  agar tidak semakin banyak digunduli.
Bambu adalah tumbuhan yang ramah  lingkungan. Artinya, ketika benda-benda  atau perabotan yang terbuat dari bambu  sudah tidak terpakai lagi, bambu menjadi  sampah yang mudah terurai. Kondisi ini  jelas menguntungkan karena tidak akan  merusak tanah. Berbeda dengan plastik  atau logam yang tidak mudah terurai. Bambu berguna untuk penyegaran  udara. Para ahli bambu menyarankan menanam pohon bambu di pekarangan  rumah agar udara yang masuk ke rumah  dalam keadaan bersih. Bambu dapat  menghasilkan oksigen 30% lebih banyak  daripada pohon dengan tinggi yang  sama.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz