Ini Dia Latar Belakang terjadinya Peristiwa Rengasdengklok! Kalian Wajib Tahu

Artikel terkait : Ini Dia Latar Belakang terjadinya Peristiwa Rengasdengklok! Kalian Wajib Tahu

Peristiwa Rengasdengklok yang berhubungan erat dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan sampai saat ini masih cukup menarik untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan ada hal-hal menarik didalamnya.
Pernahkah kalian mendengarkan peristiwa Rengasdengklok pada masa-masa kemerdekaan? Berikut ini ulasan apa latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok.

Latar Belakang Persitiwa Rengasdengklok

Pada 15 Agustus 1945, Jepang menyatakan menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Berita penyerahan Jepang ini pun didengar Syahrir dari siaran radio Amerika. Kemudian, Syahrir menyampaikan  berita itu kepada Drs. Moh. Hatta dan Ir. Soekarno. 
Mereka pun lalu ke rumah Laksamana Maeda yang saat itu bertugas sebagai Wakil Angkatan  Laut Jepang di Jakarta. Dia membenarkan adanya berita bahwa Jepang telah menyerah kepada  sekutu.
Selanjutnya, Subadio Sastrosatomo dan Subianto segera menemui Drs. Moh. Hatta. Mereka meminta Drs. Moh. Hatta agar segera mencegah PPKI mengumumkan kemerdekaan. Kemerdekaan Indonesia haruslah diperoleh dengan kekuatan sendiri.
Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok

Golongan pemuda selanjutnya mengadakan rapat di ruang Lembaga Bakteriologi di Jln. Pegangsaan Timur Jakarta (sekarang Fakultas Kesehatan Masyarakat). Rapat tersebut dihadiri Chaerul Saleh, Wikana, Soebandrio dan  kawan-kawan. 
Rapat tersebut akhirnya menghasilkan beberapa keputusan, yaitu:

  1. Kemerdekaan adalah hak rakyat Indonesia;
  2. Pemutusan hubungan dengan Jepang;
  3. Diharapkan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta untuk menyatakan Proklamasi Kemerdekaan.


Terjadi Perbedaan Pendapat Antara Golongan Tua dan Golongan Muda

Malam itu Wikana dan Darwis pergi ke rumah Ir. Soekarno, di Jln. Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Mereka menyampaikan mengenai hasil rapat bahwa Proklamasi  Kemerdekaan harus dilakukan pada tanggal 16 Agustus 1945. Akibatnya, antara golongan muda dan golongan tua pun terjadi perbedaan pendapat
Kemudian, golongan muda mengadakan rapat lagi. Berdasarkan hasil rapat itu, golongan  muda membawa Ir. Soekarno dan Mohammad Hattadi asingkan ke luar kota. Tujuannya  adalah untuk menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang dan golongan tua
Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok
Pagi hari 16 Agustus 1945, Ir.  Soekarno dan Mohammad Hatta  pun dibawa ke Rengasdengklok. Di Rengasdengklok para pemuda terus berusaha  membujuk Ir. Soekarno dan Moh.  Hatta agar  segera melaksanakan  proklamasi kemerdekaan. 
Akhirnya, Ir. Soekarno dan Shodanco Singgih, sepakat untuk segera memproklamasikan kemerdekaan akan dilakukan setelah kembali  ke Jakarta.
Demikian artikel mengenai latar belakang peristiwa Rengas dengklok. Bagaimana? Silahkan share kepada teman anda jika memang artikel blog ini menarik dan bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz