Pemberontakan di Indonesia Masa Orde Lama, Kids Jaman Now Wajib Baca!

Artikel terkait : Pemberontakan di Indonesia Masa Orde Lama, Kids Jaman Now Wajib Baca!

Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah berdiri dengan sendirinya. Kesatuan NKRI dicapai melalui perjuangan panjang yang dilakukan oleh para pahlawan dan seluruh rakyat Indonesia. Mereka rela mengorbankan harta dan nyawa demi kemerdekaan Indonesia. Setelah merdeka, bukan berarti bangsa Indonesia bebas dari masalah. Bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai ancaman baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Contoh ancaman dari luar negeri, di antaranya pada awal kemerdekaan Belanda belum mengakui kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Belanda masih melakukan perlawanan. Belanda mau mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949. Masalah yang datang dari dalam negeri adalah adanya pemberontakan yang terjadi di daerah-daerah. Di bawah ini contoh pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia.

a. Pemberontakan RMS (Republik Maluku Selatan) 

Pemberontakan RMS merupakan gerakan yang bertujuan mendirikan negara Republik Maluku Selatan. Negara baru yang terpisah dari NKRI. Gerakan yang ingin memisahkan diri dari negara disebut gerakan separatis.

b. Pemberontakan DI/TII (Darul Islam

Pemberontakan di Indonesia Masa Orde Lama
Sekarmadji Marijan (S.M.) Kartosoewirjo, tokoh DI/TII
Tentara Islam Indonesia) DI/TII adalah salah satu contoh pemberontakan yang terjadi di Indonesia. Gerakan ini dibentuk oleh Sekarmadji Marijan (S.M.) Kartosoewirjo. Pemberontakan DI/TII merupakan gerakan yang bertujuan untuk mendirikan Negara Islam Indonesia. Namun, pemberontakan itu dapat diakhiri dengan operasi militer.

c. Pemberontakan G30S/PKI

Pemberontakan di Indonesia Masa Orde Lama
DN Aidit, tokoh pemberontakan G30S/PKI
Apakah kalian pernah mendengar istilah tersebut? G30S/PKI merupakan gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Mereka ingin merebut kekuasaan pemerintah Indonesia dengan jalan apa pun. Mereka ingin menguasai negara Indonesia. Mereka juga ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. Pemberontakan-pemberontakan di atas adalah contoh gerakan yang berusaha memecah dan menghancurkan NKRI.
Namun, akhirnya pemberontakan-pemberontakan itu berhasil digagalkan. Bangsa Indonesia dapat menggagalkan pemberontakan karena adanya tekad untuk tetap mempertahankan keutuhan wilayah
NKRI.
Dengan persatuan, kita akan semakin mudah mengatasi ancaman dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Tentu kalian pernah membaca atau mendengar berita tentang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) atau tentang Gerakan Papua Merdeka? Berita itu sering muncul di televisi 
Itu adalah beberapa contoh ancaman dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Kita harus tetap waspada apabila sewaktu-waktu terdapat gerakan yang ingin memecah belah bangsa
Indonesia.
Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga semua perbedaan baik suku, agama, maupun budaya yang ada di Indonesia tidak akan menjadikan perpecahan. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, maka kehidupan di negara kita akan aman, tenteram, dan damai.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz