Membaca Teks Percakapan dengan Lafal dan Intonasi yang Tepat

Artikel terkait : Membaca Teks Percakapan dengan Lafal dan Intonasi yang Tepat

Percakapan adalah kegiatan imbal wicara atau pembicaraan yang terarah antara dua orang atau lebih. Ketika membaca teks percakapan, kita harus memahami dan menjiwai kata atau kalimat yang ada. Selain itu, kita juga perlu memerhatikan tanda baca dan jenis kalimat dalam percakapan tersebut.

Teks percakapan mencakup satu pokok permasalahan atau tema pembicaraan. Pada dasarnya, teks percakapan berbentuk naskah dialog dan menggunakan kalimat  langsung. 
Cara penulisan teks percakapan:
  • Penulisan kalimat langsung diapit tanda petik ("...").
  • Kalimat diawali dengan huruf besar
  • Penulisan teks percakapan memakai tanda titk dua (:), tanda ini diletakkan setelah kata yang menunjukkan tokoh atau pelaku percakapan
 Agar dapat membaca teks percakapan dengan baik, kita harus memerhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. Jika mendapati tanda koma (,), kita berhnti sebentar. Jika bertemu tanda seru (!), kita ucapkan kalimat itu dengan nada tinggi dan tegas. Jika tanda tanya (?), kita ucapkan dengan nada naik. Jika terdapat tanda titik (.), kita mengakhiri pembicaraan dengan nada menurun dan berhenti sejenak.
  2. Memahami isi teks. Setelah membaca teks percakapan, kalian dapat memahami isi percakapan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi percakapan.
Perhatikan dan cermati contoh teks percakapan dibawah ini!

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz