Pemerintah Akan Sediakan 100.000 Formasi Seleksi CPNS 2014

Artikel terkait : Pemerintah Akan Sediakan 100.000 Formasi Seleksi CPNS 2014

Informasi ini sangat bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan akan memberi secerca harapan untuk kepastian nasib kita di tahun 2014.
Pemerintah pada 2014 ini akan membuka lowongan 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS), atau meningkat dari tahun lalu yang  65 ribu CPNS.
"Tahun ini kita akan buka untuk umum sekitar 100 ribu (CPNS), kita perlu orang-orang yang baik," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan Azwar di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (7/2) dalam keterangan pers seusai rapat terbatas kabinet.
Selain dari kalangan umum, pemerintah juga akan menerima PNS dari pegawai honorer. Ia mengatakan saat ini ada sekitar 600 ribu peserta dari pegawai honorer yang ingin naik pangkat menjadi PNS.
"Kita prioritaskan untuk guru dan perawat. Ini sebagian masih proses, mungkin sebagian besok akan kita lepas untuk kita umumkan, jadi bertahap," kata Azwar Abubakar.

Pemerintah, lanjut Azwar, menjamin tes CPNS akan adil, dengan menggunakan sistem komputerisasi dalam tes masuknya. Meski begitu, ada keluhan dari beberapa daerah, karena putra daerah yang lolos sangat sedikit.

Menurut Azwar, Pusat hanya menyerahkan hasil tes kemampuan dasar kepada daerah. Sehingga, yang menetapkan keputusan adalah pihak daerah. "Tes ini sangat fair, diterima banyak pihak. Memang ada sejumlah keluhan di beberapa daerah, putra setempat sedikit sekali yang masuk," Azwar menjelaskan.

Ada sekitar 1 juta orang mengikuti tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di seluruh Indonesia. Pemerintah pusat akan menyerahkan hasil tes umum kepada daerah, dan daerah lah yang menetapkan keputusannya.

Dia menambahkan, aat ini ada 1 juta orang yang ikut tes kemampuan umum untuk mengisi 65 ribu posisi yang tersebar di pusat, provinsi, serta kabupaten dan kota.

Pembahasan mengenai penerimaan CPNS ini belum tuntas dan akan dilanjutkan setelah kunjungan kereja Presiden SBY ke Bengkulu. Besok, Sabtu (8/2) hingga Senin (10/2), Presiden SBY akan menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Bengkulu.
Sumber: Setkab.go.id

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz