Pabrik Empek-empek Palembang

Artikel terkait : Pabrik Empek-empek Palembang

Pabrik Empek-empek Palembang
Sebuah keluarga yang berasal dari kota Palembang pindah ke lingkungan  umah Dayu setahun lalu. Mereka menempati rumah sewaan yang kecil dan agak jauh dari jalan utama. Tak lama setelah mereka pindah, mereka menyewa sebuah kios di depan sekolah, dekat terminal angkot. Di kios itu mereka berjualan empek empek Palembang. Hanya beberapa minggu berjualan, kios mereka tutup karena kebanjiran pesanan. Mereka terlalu sibuk membuat dan mengirim empek-empek pesanan itu sehingga tak ada waktu lagi untuk berjualan di kios mereka.
Waktu berlalu dengan cepat. Saat ini, mereka telah mempekerjakan puluhan  orang di industri empek-empek mereka. Semua tetangga menyebut usaha mereka  pabrik empek-empek. Sebuah bangunan besar telah dibeli dan dipugar menjadi pabrik empek-empek. Ribuan potong empek-empek setiap pagi siap dikirimkan ke seluruh penjuru kota dengan menggunakan mobil kecil dan besar, juga sepeda motor. Banyak rumah makan, hotel, penginapan, sekolah, kantor-kantor, dan penjaja
empek-empek pinggir jalan, menjadi pelanggan tetap mereka. Jumlah pesanan empek-empek mereka setiap hari terus meningkat. Pabrik empek-empek ini semakin terkenal dengan bertambahnya pembeli, baik  dari dalam maupun luar kota. Warung-warung makan dan beberapa toko pusat  oleh-oleh bermunculan di sekitar pabrik empek-empek itu. Mereka siap menyambut  para turis pemburu empek-empek lezat itu. Sekarang, jika Dayu ingin menunjukkan  alamat rumahnya, ia akan menyebutkan letak pabrik empek-empek yang terkenal itu. Dengan demikian, rumah Dayu pun akan mudah ditemukan.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz