Peristiwa Dalam Kehidupan

Artikel terkait : Peristiwa Dalam Kehidupan

 Perhatikan bacaan dibawah ini!
                                                    Sungaiku Bergantung Kepada Hujan
Pagi itu, hujan turun deras sekali. Murid-murid SD Nusantara tampak berlarian  menghindari hujan menuju bangunan sekolah. Sudah hampir seminggu hujan turun  terus setiap pagi. Banyak orang yang mengeluhkan hal ini, tetapi tidak demikian  halnya dengan Udin. Udin merasa senang karena hujan berarti air di sungai dekat rumahnya akan melimpah kembali. Seminggu sebelumnya, sungai tempat ia biasa bermain itu mengering. Tak sampai kering kerontang, tetapi jumlah air menurun
dengan cepat.Jumlah air yang menurun pada sumber-sumber air seperti sungai, biasanya terjadi pada musim kemarau. Pada musim kemarau, air hujan yang turun berkurang banyak. Akibatnya, jumlah air yang mengalir di sungai juga menurun. Lihatlah kedua gambar sungai di bawah ini. 
Peristiwa Dalam Kehidupan
Sangat berbeda, bukan? Dapatkah kamu menebak, akibat apa saja yang dialami penduduk di sekitar sungai dengan perubahan keadaan sungai seperti yang ditunjukkan pada gambar tersebut?
Mengapa peristiwa turunnya hujan penting bagi kehidupan?
Tuliskan secara terperinci informasi-informasi yang kamu dapatkan dari kedua  gambar tersebut. Diskusikan hasilnya dengan teman sebangkumu. Lalu, tulislah hasil temuan pengamatan tersebut. 

Setelah mengikuti pelajaran, ternyata, Udin masih memiliki pertanyaan tentang pelajaran tersebut. Ia lalu mendiskusikan hal itu bersama teman sebangkunya.
Perhatikan percakapan Udin dengan Beni di bawah ini!
Udin  : “Beni, apakah betul air memiliki peranan yang sangat penting dalam  kehidupan kita?”
Beni  : “Betul sekali, Din! Aku pernah membaca informasi tersebut. Kebetulan, aku  membawa bacaan tersebut. Ayo, kita baca bersama.”
                                                                          Manusia dan Air
Semua makhluk hidup, mulai dari pohon beringin yang besar hingga seekor siput yang kecil, memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya dan pertumbuhannya. Tanaman-tanaman berhijau daun memerlukan air untuk membuat makanannya. Tiga per empat bagian tubuh manusia terdiri atas air. Air diperlukan oleh hampir semua bagian tubuh manusia. Air diperlukan untuk membantu mencerna makanan. Air membantu sel darah untuk menyebarkan makanan ke semua bagian tubuh. Air juga membantu membuang kotoran sisa proses metabolisme tubuh.Manusia menggunakan air untuk berbagai keperluan. Para petani menggunakan air untuk membantu tanamannya tumbuh dan berkembang dengan baik. Para nelayan menggunakan air untuk keperluan budidaya perikanan. Air digunakan sebagai pembangkit listrik untuk keperluan sehari-hari. Air juga digunakan sebagai sarana transportasi.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz