Organisasi

Artikel terkait : Organisasi

Pengalaman berorganisasi sangat bermanfaat bagi kehidupan. Oleh karena itu, mulailah mencari pengalaman dari sekarang. Belajar berorganisasi dapat dilakukan sejak kecil dan dimulai dari lingkungan sekitar. Ikutilah organisasi yang kamu minati.
Dalam sebuah organisasi, kerja sama menjadi kunci yang penting. Kerja sama adalah modal utama agar semua tujuan organisasi dapat tercapai. Lihatlah organisasi yang ada di lingkungan sekolahmu. Apakah anggotaanggotanya sudah bekerja sama dengan baik?
A. PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi adalah kelompok kerja sama yang dilakukan untuk tujuan bersama.
Organisasi yang baik tidak hanya memiliki banyak anggota. Akan tetapi, setiap anggotanya memiliki keahlian sesuai dengan tujuan organisasi yang telah ditetapkan bersama.
Ada tiga unsur dasar yang diperlukan dalam sebuah organisasi. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Pengurus organisasi, terdiri atas beberapa orang yang terpilih sebagai pengurus.
  2. Kerja sama, yaitu sistem kerja yang dilakukan oleh setiap anggota sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama.
  3. Tujuan yang ingin dicapai, yaitu cita-cita dari para pengurus dan anggota dari organisasi tersebut.
Dengan demikian, organisasi merupakan tempat untuk melakukan kerja sama antara anggota untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi akan melaksanakan berbagai kegiatan. Organisasi yang berbeda tentu akan melaksanakan kegiatan yang berbeda pula.
B. CIRI-CIRI ORGANISASI
Untuk menambah pemahaman tentang organisasi, kamu harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Ciri-ciri organisasi, di antaranya sebagai berikut.
  1. Dapat dikenal dan saling mengenal. Organisasi terdiri atas anggota yang sudah saling mengenal karena mereka sering bertemu dalam berbagai kegiatan. Pada umumnya, anggota dari suatu organisasi memiliki kartu anggota.
  2. Adanya kegiatan yang berbeda-beda. Namun, satu sama lain saling berkaitan dan merupakan kesatuan kegiatan.
  3. Setiap anggota organisasi memiliki tugas yang berbeda. Pengurus atau pun anggota memiliki bidang kerja yang telah ditentukan sebelumnya.
  4. Setiap orang memberikan sumbangan berup pemikiran dan tenaga agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya.
  5. Adanya kewenangan, koordinasi, dan pengawasan. Sebuah organisasi dijalankan oleh para pengurus yang dipilih dari anggota organisasi tersebut. Mereka diberi kewenangan untuk mengatur dan menjalankan organisasi.
  6. Adanya tujuan yang ingin dicapai. Pendirian sebuah organisasi harus dilandasi tujuan yang jelas, agar dapat dicapai dengan langkah-langkah yang lebih mudah.

3. PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI
Tahukah kamu tentang prinsip? Prinsip adalah dasar, hal-hal penting yang dijadikan landasan atau pegangan. Prinsip organisasi merupakan dasar didirikannya sebuah organisasi. Prinsip-prinsip yang harus ada dalam sebuah organisasi, di antaranya sebagai berikut.
a. Memiliki Tujuan yang Jelas
Organisasi dibentuk atas dasar adanya tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, tidak mungkin ada organisasi yang tidak memiliki tujuan. Organisasi pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit dan puskesmas bertujuan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat.
b. Skala Bertingkat
Dalam sebuah organisasi, diperlukan suatu garis kewenangan yang jelas dari pemimpin, pembantu pemimpin, sampai para pelaksana. Semua itu dapat mempertegas pemberian wewenang dan tanggung jawab. Secara umum, ketegasan pemberian wewenang dan tanggung jawab akan menunjang kelancaran organisasi secara keseluruhan.
c. Kesatuan Perintah
Setiap anggota organisasi mendapat tugas dari ketuanya. Tugas tersebut harus dilaksanakan. Setelah dilaksanakan, setiap anggota harus mem pertanggungjawabkannya kepada ketua organisasi.
d. Pemberian Wewenang atau Kekuasaan
Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, hal yang wajar jika seorang pemimpin memiliki keterbatasan dalam menjalankan pekerjaannya. Pemberian sebagian wewenang kepada bawahan menjadi perlu dilakukan. Pengurus organisasi yang diberi wewenang harus dapat menjamin tercapainya hasil yang diharapkan.
e. Pertanggungjawaban
Dalam menjalankan tugasnya, setiap pengurus harus bertanggung jawab penuh kepada ketua organisasi yang bersangkutan.
f. Pembagian Pekerjaan
Untuk mencapai tujuannya, suatu organisasi akan melakukan berbagai kegiatan. Agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik, dilakukan pembagian tugas yang didasarkan pada kemampuan setiap anggota. Adanya kejelasan dalam pembagian tugas akan mempermudah dalam pemberian wewenang dan pertanggungjawaban yang menunjang keberhasilan organisasi.
g. Keseimbangan
Keseimbangan yang perlu diperhatikan adalah antara struktur organisasi dan tujuan organisasi. Dalam hal ini, penyusunan struktur organisasi harus sesuai dengan tujuan organisasi. Tujuan organisasi akan diwujudkan melalui berbagai macam kegiatan.
h. Perubahan
Organisasi harus senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai tuntutan zaman. Dalam praktiknya, organisasi dapat berubah untuk menyiasati pencapaian tujuan.
i. Kepemimpinan
Organisasi memerlukan adanya kepemimpinan. Dengan kata lain, organisasi akan mampu menjalankan kegiatannya jika memiliki pemimpin yang cakap. Lihatlah di sekolah. kepala sekolah  mengatur pembagian tugas dan kewajiban antara guru dan siswa. Tanpa kepemimpinan yang baik, sekolah tersebut tidak akan berjalan dengan baik pula.
4. MANFAAT ORGANISASI
Manusia ditakdirkan menjadi makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk individu, manusia memiliki keperluan, kepentingan, dan cita-cita yang berbeda. Adapun sebagai makhluk sosial, manusia selalu ingin hidup berkelompok, bekerja sama, dan pasti membutuhkan bantuan orang lain. Pakaian yang kita pakai ada karena pekerjaan banyak orang, mulai dari pemintal kapas, pembuat kain, penjahit hingga pedagang. Oleh karena itu, organisasi bermanfaat untuk mengordinasikan setiap individu agar berkerja sesuai dengan keahliannya untuk memenuhi kebutuhan individu lain.
Nasi yang kita makan adalah hasil para petani. Ya, kita akan sangat sulit hidup tanpa bantuan orang lain. Dalam kehidupan bermasyarakat, diperlukan suatu peraturan untuk mengatur hubungan antar manusia. Mengapa setiap orang memerlukan peraturan? Peraturan diperlukan agar tercipta keteraturan dan ketertiban hidup. Begitu pula dalam sebuah organisasi. Peraturan berfungsi memberi arah gerak agar organisasi berjalan baik, terutama yang menyangkut hubungan antaranggota.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz