Lapisan Atmosfer

Artikel terkait : Lapisan Atmosfer

Lapisan Atmosfer - Berbicara tentang lapisan Bumi kita, ada baiknya kita melihat bersama mengenai lapisan selubung udara yang menyelubungi Bumi. Selubung udara ini kita kenal dengan atmosfer. Mari kita pelajari bersama mengenai lapisan atmosfer.
Lapisan atmosfer terdiri atas udara. Semakin jaraknya jauh dari permukaan bumi maka lapisan udara akan semakin tipis. Atmosfer bermanfaat untuk  melindungi bumi dari cahaya pancaran  dan panas Matahari. Oleh sebab itu, maka lapisan atmosfer sangat berperan dalam mendukung  kehidupan di  Bumi. Lapisan atmosfer memiliki ketebalan kurang lebih 640 kilometer. Atmosfer memiliki  lapisan diantaranya:
  1. troposfer,
  2. stratosfer, 
  3. mesosfer, dan 
  4. termosfer. 
Lapisan Atmosfer
Lapisan atmosfer
Lapisan troposfer 
Lapisan troposfer membentang sejauh 10 km dari permukaan bumi. Bagian dari lapisan atmosfer yang ini  merupakan lapisan yang paling dekat   Bumi, dan lapisan inilah yang sangat berpengaruh terhadap cuaca.
Sebagian besar gumpalan awan yang menjadi penyebab hujan  terbentuk pada lapisan ini.  
Lapisan stratosfer
Diatas lapisan troposfer ada lapisan stratosfer. Lapisan ini berjarak kira-kira 10–50 km di atas permukaan bumi. Udara yang terkandung pada  lapisan ini sangat dingin dan tipis.
Balon cuaca dan sebgaian kecil pesawat terbang mampu mencapai lapisan stratosfer. Lapisan ozon terdapat di atas lapisan ini. Lapisan ozon adalah merupakan lapisan yang sangat penting karena bermanfaat melindungi Bumi dari pancaran sinar ultraviolet dari Matahari. Sinar ultraviolet ( UV) jika mengenai langsung   Bumi akan berbahaya, karena dapat membunuh semua makhluk hidup.
Lapisan mesosfer
Lapisan atmosfer berikutnya adalah mesosfer. Lapisan mesosfer jaraknya 50-80 km diatas permukaan bumi. Didalam Mesosfer terdapat campuran oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida ( CO 2) yang sama dengan lapisan dibawahnya. Namun, kandungan uap air pada lapisan ini sangat sedikit.
Lapisan termosfer
Lapisan diatas mesosfer yaitu lapisan termosfer. Lapisan termosfer memiliki ketinggian 80–500 km diatas permukaan bumi. Di lapisan termosfer terjadi efek cahaya yang dikenal dengan aurora.
Lapisan Atmosfer
Aurora yang tampak dari bumi kita

Lapisan eksosfer
Lapisan yang terjauh dari permukaan bumi adalah lapisan eksosfer. Lapisan eksosfer ada pada ketinggian 700 km di atas permukaan bumi. Setelah lapisan ini adalah angkasa luar.
Itulah pengetahuan tentang lapisan atmosfer yang memiliki ketebalan berbeda. 
Lapisan atmosfer  mempunyai fungsi yang sangat penting. Manfaat atmosfer bagi bumi adalah:
  1. melindungi Bumi dari benda angkasa, 
  2. menjaga agar air tidak menguap ke angkasa luar, dan 
  3. menghalangi sinar ultraviolet dari Matahari menerobos Bumi.

Itulah beberapa lapisan atmosfer yang terdapat pada bumi kita.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz