Beberapa Benda yang Dimanfaatkan Sebagai BBM Alternatif

Artikel terkait : Beberapa Benda yang Dimanfaatkan Sebagai BBM Alternatif

Belakang ini, sering terdengan ditelinga kita mengenai BBM alternatif. Kono kabarnya BBM alternatif harus segera ditemukan dan dipergunakan. Mengapa demikian? BBM atau yang dikenal dengan bahan bakar minyak yang sehari-hari kita gunakan adalah berupa bensin, solar, dan minyak tanah. BBM ini diambil dari dalam tanah dengan cara menambangnya. BBM asalnya dari fosil yang sudah terkubur dalam tanah dalam waktu jutaan tahun. Meski jumlahnya banyak banyak, jika diambil dan digunakan terus-menerus, maka akan habis. Kita tidak bisa menggantinya. Saat ini, menurut penelitian, persediaan BBM didalam perut bumi semakin menipis.

BBM Menyebabkan Polusi

BBM Alternatif
Penggunaan BBM fosil menyebabkan polusi udara
Asap knalpot yang keluar dari kendaraan merupakan hasil pembakaran BBM yang sifatnya tidak ramah lingkungan. Gas ini menjadi penyebab utama terjadinya polusi udara. BBM yang digunakan untuk bahan bakar kendaraan atau mesin pabrik, menghasilkan suatu zat beracun diantaranya CO2 dan CO. Zat-zat tersebut bila dihirup akan menyebabkan gangguan sistem pernapasan, bahkan bisa juga menyebabkan kanker. Lalu bagaimana dengan BBM alternatif?

BBM Alternatif yang Berasal Tanaman dan Hewan

Persediaan menipis dan sifatnya yang menyebabkan polusi menjadi alasan kuat mengapa mendesak untuk mencari BBM alternatif. BBM alternatif adalah BBM yang dikembangkan atau dihasilkan selain BBM yang kita gunakan tadi. BBM alternatif harus dapat diperbaharui serta ramah lingkungan. BBM alternatif yang sudah semakin ditemukan. Tetapi kita semua belum terlalu mengenalnya karena belum banyak digunakan dan diperjualbelikan. BBM alternatif ini asalnya adalah dari berbagai tumbuhan dan lemak dan juga kotoran hewan. Berikut ini beberapa BBM alternatif.

BBM alternatif dari Minyak Buah Jarak

BBM Alternatif
Buah tanaman jarak
Pohon jarak banyak ditanam para petani untuk pagar atau sebagai pembatas tanah. Daunnya dapat diambil untuk pakan ternak. Dari hasil penelitian yang dilakukan para ahli, ternyata buah jarak dapat dijadikan minyak yang kualitasnya menyamai solar. Cara membuatnya pun sederhana sekali.
Sepuluh kg buah jarak dikukus dalam waktu satu jam kemudian dilembutkan. Setelah itu, jarak diperas hingga minyak keluar. Biasanya 10 kg jarak akan menghasilkan kurang lebih 3,5 liter. Nah, minyak inilah yang digunakan sebagai bahan bakar. Pada waktu kita dijajah Jepang, para petani banyak disuruh menanam jarak, dengan maksud untuk keperluan bahan bakar kendaraan tempur tentara Jepang.

BBM Alternatif dari Gas Kotoran Ternak

Dari pwngolahan kotoran hewan atau tanaman yang membusuk akan keluar gas panas yang disebut dengan istilah Biogas. Biogas itu jika ditampung dalam suatu wadah yang tertutup, kemudian dibuatkan instalasi atau saluran yang disalurkan ke kompor, maka biogas ini bisa dipergunakan untuk menyalakan kompor. Menurut penelitian para ahli, keluarga dengan anggota berjumlah 5 orang, maka memerlukan sekitar 1,25 meter kubik biogas untuk digunakan memasak sehari. Biogas sejumlah itu bisa dihasilkan dari sekitar 40 kilogram kotoran sapi ( lethong). Kotoran sapi sebanyak ini bisa diperoleh dari sekitar 4 ekor sapi. Jadi jika mau menghemat BBM dirumah, sebaiknya satu keluarga idealnya memiliki punya 4 ekor sapi.

BBM alternatif dari Minyak Jelantah Setara dengan Solar

BBM Alternatif
Jelantah dimanfaatkan sebagai energi alternatif
Jika kita sedang menggoreng ikan, maka kita akan mendapatkan banyak minyak sisa atau dikenal dengan istilah minyak jelantah. Minyak jelantah agak kental dan warna kehitaman. Jika digunakan untuk menggoreng lagi minyak ini dapat menimbulkan bermacam penyakit, misalnya kanker dan jantung. Karena itu, minyak jelantah sering dibuang begitu saja.
Dari hasil penelitian para ahli, ternyata minyak jelantah ini bisa digunakan untuk pengganti solar. Maka dari itu, mulai sekarang jangan sembarang membuang minyak jelantah. 
Memang, jika kita mau mengganti solar dengan BBM dari minyak jelantah maka kita harus menambah sebuah alat pada mesin kendaraan. Tetapi alat ini sederhana dan tidak terlalu mahal. Nama alat ini disebut konverter. Fungsinya dalah sebagai pengubah minyak jelantah supaya memiliki sifat-sifat yang menyerupai solar.

BBM alternatif dari Alkohol dari Singkong

Pernahkan anda melihat cara membuat tape singkong? Langkah pertama adalah singkong yang sudah dibersihakan harus dikukus, lalu ditaburi ragi. Setelah itu tutulah singkong dengan daun dan diamkan. Dalam waktu beberapa hari maka akan berubah menjadi tape. Proses perubahan dari singkong menjadi tape ini dikenal denag istilah fermentasi. Jika dibiarkan, tape singkong ini semakin lama akan berair. Air ini berwujud alkohol. Sepuluh persen alkohol dari singkong jika bila dicampur dengan 50% bensin bisa menghasilkan BBM yang dikenal dengan istilah  gasohol. Gasohol adalah gabungan dari nama gasoline (bensin) dengan alkohol.
Meskipun hanya diperlukan 10% dalam gasohol, namun kalau jumlahnya banyak, alkohol dari singkong ini akan membantu penghematan dalam penggunaan BBM. 
Demikian beberapa BBM Altrernatif yang banyak ditemukan. Tanpa kita sadari, BBM alternatif diatas berasal dari benda-benda yang tidak hjauh-jauh dari kehidupan kita. | Balai Edukasi

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz