Makanan dan Kesehatan

Artikel terkait : Makanan dan Kesehatan

Makanan Sehat

Makanan sangat berhubungan erat dengan kesehatan manusia. Beberapa zat makanan berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Jika kekurang makanan, tubuh manusia bisa menjadi sangat kurus, lemas, serta tidak bertenaga. Kekurangan zat makanan juga bisa menyebabkan muculnya penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat makanan dikenal dengan istilah defisiensi.
Makanan benar-benar sangat diperlukan oleh tubuh. Makanan berfungsi menghasilkan tenaga dan membangun sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, makanan berfungsi mengatur proses dalam tubuh.
Makanan yang dibutuhkan tubuh haruslah makanan yang bergizi. Makanan bergizi tidaklah makanan yang berharga mahal atau buatan luar negeri. Makanan bergizi merupakan makanan sehat, makanan yang mengandung zat makanan dengan jumlah berimbang. Zat makanan yang dibutuhkan tubuh meliputi diantaranya karbohidrat, lemak hewani/nabati, protein, vitamin, dan mineral, serta air.
a. Karbohidrat
Karbohidrat dibutuhkan ubuh dalam jumlah yang besar. Orang dewasa lebih banyak membutuhkan karbohidrat, untuk menghasilkan tenaga.
Makanan dan Kesehatan IPA kelas v semester 1
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat,contohnaya adalah nasi, kentang, gandum.
b. Lemak
Lemak dibagi menjadi 2, yaitu lemak hewani ( berasal dari hewan) contohnya daging dan minyak ikan dan lemak nabati ( bersasal dari tumbuhan) contohnya kacang tanah dan kelapa. Lemak juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak bermanfaat sebagai sumber tenaga dan untuk cadangan makanan.
Makanan dan Kesehatan IPA kelas v semester 1
Tenaga yang dihasilkan oleh lemak lebih besar daripada karbohidrat.
c. Protein
Protein dibagi menjadi 2, yaitu protein hewani ( bersasal dari hewan: daging,telur,susu) dan protein nabati ( berasal dari tumbuhan: kacang tanah, kedelai) .
Makanan dan Kesehatan IPA kelas v semester 1
Protein juga memiliki kegunaan yaitu untuk zat pembangun (pertumbuhan tubuh dan untuk mengganti sel tubuh yang rusak).
d. Mineral
Mineral tidak dihasilkan oleh makhluk hidup. Tetapi, mineral juga dibutuhkan oleh makhluk hidup. Mineral berfungsi untuk pembangun dan pengatur sistem didalam tubuh. Jenis mineral diantaranya:
1) Zat besi
Zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Zat besi banyak terkandung pada hati dan sayuran hijau. Kekurangan dari zat besi akan mengakibatkan kekurangan darah atau anemia.
2) Zat kapur dan fosfor
Zat kapur dan fosfor berfungsi untuk pembentuk tulang dan gigi. Zat kapur banyak terkandung pada susu, telur, dan ikan. Akibat kekurangan zat kapur akan mengalami pengeroposan tulang.
3) Fluor
Fluor berfungsi untuk membentuk lapisan email pada gigi.
4) Yodium
Yodium bermanfaat untuk pencegahan penyakit gondok. Yodium banyak terkandung pada garam yodium dan ikan laut. 
Mineral-mineral tersebut diatas harus ada dalam tubuh supaya kondisi tubuh tetap terjaga.
e. Vitamin
Vitamin berfungsi untuk zat pengatur sistem didalam tubuh. Vitamin dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Walaupun begitu, kekurangan vitamin bisa mengakibatkan penyakityang disebut avitaminosis.
Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah seperti dibawah ini:
  1. Vitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A bisa saja mengakibatkan rabun. Bahkan kekurangan vit A dapat mengakibatkan bahaya kebutaan mata. Makanan yang mengandung vitamin A, misal hati, telur, sayur,aneka buah dan susu.
  2. Vitamin B, kekurangan vitamin B bisa mengakibatkan jenis penyakit beri-beri. Makanan yang mengandung vitB, misal beras merah, hati, serta aneka kacang.
  3. Vitamin C, atau biasa disebut antiskorbut. Jika tubuh kurang vitamin C akan mengakibatkan  skorbut (sariawan usus). Makanan yang mengandung vitamin C, misal macam buah segar dan sayuran yang segar.
  4. Vitamin D, berguna untuk penguatan tulang. Kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan penyakityang disebut rakhitis. Vitamin D banyak terdapat pada telur, susu, dan minyak ikan. Sinar matahari juga berperan penting untuk pembentukan vitamin D didalam tubuh.
  5. Vitamin E, sangat penting untuk mencegah kemandulan. Kekurangan vit E dapat mengakibatkan keguguran pada kandungan dan kemandulan. Bahan makanan yang mengandung vitamin E terdapat pada susu, daging, kuning telur, dan tauge.
  6. Vitamin K, diperlukan dalam proses pembekuan darah. Kekurangan vit K mengakibatkan darah sukar membeku atau kelainan hemofilia. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin K diantaranya hati, sayuran, dan kacang-kacangan.
f. Air
Manusia sangat membutuhkan air. Kira-kira 75 perssen dari tubuh mengandung air. Orang dewasa memerlukan air  2,5 liter setiap hari.
Di dalam tubuh kita, air berfungsi untuk:
  1. membantu proses pencernaan makanan,
  2. melarutkan zat-zat didalam tubuh,
  3. mengatur dan menjaga suhu tubuh.

Apabila mengalami kekurangan air, maka tubuh akan lemas,atau dehidari. 

2. Menu Makanan Bergizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang menjadikan tubuh menjadi sehat. Sebaliknya, makanan sembarangan akan mengakibatkan malnutrisi.
Makanan dan Kesehatan IPA kelas v semester 1
Menu makanan yang bergizi seimbang disebut dengan istilah empat sehat lima sempurna

3. Makanan Berserat dan Tidak Berserat

Setiap hari, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat seharusnya bersumber dari makanan yang berserat alami. Makanan berserat yang alami mempunyai susunan kimia yang tetap sampai di usus besar.
Manfaat makanan berserat diantaranya.
  1. pencegahan terhadap penyakit sembelit,
  2. pencegahan terhadap penyakit pada usus besar (termasuk kanker),
  3. membantu menurunkan berat badan,
  4. pencegahan terhadap penyakitv wasir,
  5. membantu menurunkan kadar kolesterol didalam darah, dan
  6. membantu mengontrol kadar gula darah.

Makanan berserat angat kaya manfaat. Oleh karena itu, kita wajib mengonsumsi makanan berserat sehari-hari. Makanan berserat alami berasal dari aneka buah-buahan dan sayur-sayuran.

Materi ajar IPA Kelas V SD semester 1 " Makanan dan Kesehatan"

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz