Peristiwa-Peristiwa Penting

Artikel terkait : Peristiwa-Peristiwa Penting

Amati gambar di atas!
Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar di atas? Pentingkah hujan dalam kehidupan kita?  Apa perasaanmu ketika kamu menyaksikan sebuah peristiwa kemenangan? Ceritakan peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi dalam hidupmu!

DAUR AIR
Tahukah kamu dari mana asalnya air yang kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari? Air yang kita pakai untuk keperluan sehari-hari itu berasal dari berbagai sumber, yaitu air yang berasal dari tetesan air hujan, air tanah, dan juga dari berbagai badan air di bumi ini. Air di bumi ini berubah wujud secara berulang-ulang dengan atau tanpa kita sadari. Proses perubahan wujud air ini terjadi dalam sebuah daur yang  disebut dengan daur air.
Berikut adalah beberapa perubahan wujud air.
  • Proses penguapan, terjadi dengan bantuan energi sinar matahari dan angin. Akibat panas dari sinar matahari, air menguap menjadi uap air. 
  • Proses pengembunan, terjadi saat uap air mengalami pendinginan dan berubah menjadi titik-titik air atau kristal air. Saat inilah partikel air membentuk awan. 
  • Proses presipitasi (pengendapan), terjadi saat partikel air tersebut jatuh ke bumi dalam bentuk hujan. 
  • Air hujan jatuh ke bumi. Sebagian air mengalir di permukaan tanah, ke sungai, laut dan danau dan ada pula yang terserap oleh bumi menjadi air tanah. 
Dan berikut bagan Daur Air
Daur Air

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz