Sultan Hasanuddin

Artikel terkait : Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin merupakan raja dari Kerajaan Islam  Gowa-Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda,  ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan  keberaniannya melawan Belanda.  Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih. Ia berusaha menegakkan kedaulatan  dan memperluas wilayah kerajaan. 
Ia berhadapan dengan  Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda. Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa  sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La  Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri. Sultan Hasanuddin  mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan  Bugis harus segera dihentikan.
Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil  di Indonesia wilayah timur untuk melawan Belanda. Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai  nama jalan dan universitas. Bahkan, pemerintah Indonesia menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin. Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman rajaraja Gowa di Sulawesi Selatan.
Sultan Hasanuddin
Kompleks pemakaman raja-raja merupakan peninggalan sejarah yang perlu dijaga  kelestariannya. Kompleks pemakaman ini pun dijadikan objek pembelajaran  sejarah bagi bangsa Indonesia.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz