Keadaan Cuaca

Artikel terkait : Keadaan Cuaca

Cuaca sangat penting untuk kegiatan penerbangan dan pelayaran. Karena cuaca buruk, kegiatan penerbangan dan pelayaran sering ditunda. Mungkin bisa dibatalkan. Mengapa bisa terjadi? Mengapa jadwal penerbangan dan pelayaran harus diperhitungkan?
Pernahkah kamu kehujanan ketika pulang sekolah? Mengapa bisa terjadi hujan? Hujan merupakan kejadian yang berkaitan dengan cuaca. Sedialah payung sebelum hujan. Hujan diawali dengan cuaca yang mendung. Mendung berarti tanda-tanda hujan akan datang. Tahukah kamu mengapa langit bisa mendung?
A. HUBUNGAN KEADAAN LANGIT DAN CUACA
Bagaimana keadaan cuaca sekarang? Berawankah? Sebelum melakukan kegiatan terkadang seseorang bertanya mengenai keadaan cuaca hari itu. Cuaca adalah keadaan udara dalam wilayah tertentu dan terjadi dalam jangka waktu terbatas. Sedangkan iklim adalah keadaan udara dalam wilayah yang luas dan berlangsung lama. Ada beberapa kondisi cuaca antara lain, cuaca berawan, cuaca panas, cuaca cerah, cuaca dingin, dan cuaca hujan.
Cuaca di daerah satu dengan daerah yang lain berbeda. Misalnya cuaca berawan adalah langit diliputi awan. Sinar matahari tidak bisa sampai ke bumi, karena terhalang oleh awan. Sehingga udara saat itu tidak panas.
Cuaca panas artinya matahari bersinar terang dan udara sangat panas. Pengaruh suhu udara yang
tinggi membuat kulit seperti terbakar. Saat itu cahaya matahari menyilaukan mata dan panas
tinggi. 
Cuaca cerah artinya langit terang, tidak berawan, dan udara terasa hangat. Pada sat itu sinar matahari bersinar dengan terang.
Cuaca dingin artinya keadaan udara terasa dingin. Jika akan hujan suhu udara sangat rendah. Suhu
udara saat itu berbeda, tidak seperti biasanya. 
Cuaca hujan artinya titik-titik air hujan berjatuhan ke bumi.

Proses daur air
Proses daur air
Matahari tidak pernah berhenti bersinar. Matahari memanaskan sungai, lautan , tanah, hutan, dan udara di bawahnya. Panas matahari dapat menguapkan air sungai dan air laut. Air yang naik ke atas udara disebut uap. Uap air yang naik ke atas berkumpul menjadi banyak. Karena udara di langit dingin, uap air yang terkumpul membentuk awan. Untuk membentuk awan, dibutuhkan butiran uap air yang banyak.
Setelah terkumpul dalam waktu lama, butiran awan bertambah banyak. Butiran awan menggumpal dan saling bertabrakan. Awan yang tebal membentuk tetesan air. Hal ini terjadi karena panas matahari dari atas. Tetesan air terjadi terus-menerus semakin banyak. Bila tetesan air cukup besar, maka akan jatuh ke bumi. Jatuhnya air dari awan di udara disebut hujan.
Kondisi awan sangat berpengaruh terhadap cuaca. Keadaan awan dalam suatu daerah dapat menentukan cuaca. Misalnya untuk mengetahui cuaca hari mendatang. Awan terbagi menjadi tiga macam. Yaitu awan sirus, awan kumulus, dan awan stratus.
  1. Awan sirus mengambang paling tinggi di awan. Awan sirus berbentuk serabut-serabut halus. Awan sirus memiliki warna putih. Awan sirus merupakan tanda-tanda cuaca cerah akan berakhir. Matahari akan kelihatan dikelilingi lingkaran cahaya. Adanya awan sirus mempertandakan akan hujan.
    Awan Sirrus
    Awan Sirrus
  2. Awan kumulus berbentuk gumpalan putih. Pada bagian dasarnya sama rata. Awan kumulus mengambang di bawah awan sirus. Awan ini merupakan awan yang amat tebal. Dengan bagian atas menyerupai bunga kol. Awan kumulus terbentuk pada cuaca panas. Adanya awan kumulus menandakan cuaca panas. Cuaca hari itu akan panas dan kering. Awan tampak terang jika dihadapkan matahari. Cahaya sebagian menyebabkan awan berwarna kelabu. Ada jenis awan kumulus yang lain yang disebut kumolonimbus. Awan ini berbentuk gumpalan gumpalan hitam. Awan ini menandakan cuaca akan hujan. Hujan deras disertai angin dan petir.
    Awan Kumolonimbus
    Awan Kumolonimbus

    Awan kumulus
    Awan kumulus " Awan Bunga Kol"
  3. Awan stratus berbentuk lembaran berlapis-lapis. Lapisannya melebar seperti kabut. Awan berada di bawah ketinggian 1000 meter. Awan mengambang dekat dengan permukaan bumi. Ketika dilihat awan ini berwarna abu-abu. Adanya awan stratus menyebabkan hujan gerimis.
    Awan startus
    Awan startus
Cuaca diberitakan di televisi dan media cetak. Cuaca sering digambarkan berupa simbol-simbol. Hal ini diberitakan dalam surat kabar. Di bawah ini beberapa simbol tentang cuaca.
Prakiraan Cuaca
B. CUACA MEMENGARUHI KEGIATAN MANUSIA
Kegiatan manusia dipengaruhi oleh cuaca. Terutama kegiatan petani dan nelayan. Menentukan jenis tanaman harus mengerti cuaca. Para petani harus mengerti informasi cuaca. Misalnya petani menanam padi di musim hujan. Sedangkan memanen pada musim panas. Karena menjemur padi dibutuhkan panas yang cukup.
Padi ditanam pada musim penghujan. Padi membutuhkan air yang banyak. Pertumbuhan padi menjadi baik karena air. Jika kekurangan air tanaman tidak subur. Padi akan mati jika tanahnya kering. 
Para petani garam juga harus mengetahui cuaca. Membuat garam dilakukan pada musim panas. Pembuatan garam memerlukan banyak panas. Hal itu dimaksudkan untuk penguapan air. Semakin banyak panas maka semakin baik.
Ada kegiatan lain yang menghasilkan uang. Yaitu membuat genting dan batu bata. Mereka melakukan kegiatannya ketika cuaca panas. Kegiatan ini membutuhkan panas yang banyak. Untuk mengeringkan batu bata harus sabar. Karena membutuhkan waktu yang lama.
Baju tebal
dipakai saat cuaca dingin
Cuaca sangat mempengaruhi pakaian yang dikenakan. Pada saat panas tubuh kita berkeringat. Saat
itu kita memakai pakaian tipis. Yaitu pakaian yang dapat menyerap keringat. Misalnya kaos atau
pakaian santai. Memakai baju tebal jika musim dingin datang. Baju tebal
dipakai saat cuaca dingin. Atau pada saat suhu udara rendah. Misalnya memakai jaket atau wol. Pakaian wol dipakai pada musim salju. Jaket biasa dipakai saat cuaca dingin.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz