Unsur-Unsur dalam Pidato

Artikel terkait : Unsur-Unsur dalam Pidato

Kalian tentu sudah sering mendengar orang berpidato. Tahukah kalian apa itu pidato?  Pidato adalah penyampaian uraian secara lisan tentang suatu hal di depan umum/orang  banyak (massa). Pidato juga memiliki bagian-bagian, yaitu:
a. Salam pembuka
Contoh:
 1)  Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
 2)  Salam sejahtera untuk kita semua.
 3) Selamat pagi.
b. Sapaan
Contoh:
 1)  Bapak Kepala sekolah yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati,  serta kawan-kawan yang saya banggakan,
 2)  Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan Saudara-saudara yang saya hormati,
 3)  Teman-temanku yang saya cintai,
c. Pendahuluan ialah pengantar ke arah pokok-pokok materi yang akan disampaikan.
Fungsinya, agar pendengar mengetahui ke arah mana mereka akan dibawa.
 1)  Puji syukur kepada Tuhan.
 2)  Ucapan terima kasih kepada pihak tertentu.
 3)  Maksud menyampaikan pidato/ceramah/khotbah.
d.  Bagian isi atau inti pidato/ceramah/khotbah, ialah bagian yang berisi materi utama.
Hindari penyampaian materi yang sifatnya menggurui. Kemukakan contoh, ilustrasi,  dan cerita-cerita ringan yang berkaitan dengan materi utama.
e. Penutup
Tutuplah pidato/ceramah/khotbah dengan kesan yang baik. Bisa dengan simpulan atau  ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu.
f. Salam penutup
Contoh:
 1)  Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
 2)  Atas perhatian Bapak dan Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz