Pentingnya Hutan Hujan

Artikel terkait : Pentingnya Hutan Hujan

Kita sering mendengar istilah hutan hujan. Namun, sebenarnya apa sih hutan hujan itu? Apa manfaatnya bagi manusia? Ayo, kita cari tahu.
Bertudung Pepohonan
Ada banyak jenis hutan di bumi ini. Hutan hujan hanyalah salah satunya. Kenali cirinya, ya! Hutan hujan merupakan hutan yang sangat lebat. Ciri utama hutan hujan adalah pepohonan yang tumbuh di dalamnya begitu rapat. Akibatnya, dedaunan pada bagian atas pohon saling bersentuhan. Hal ini menyebabkan dasar hutan seperti terlindung oleh tudung pepohonan, yang disebut kanopi hutan.
Oleh karena itu, pada hutan hujan yang amat lebat, suasananya cukup gelap karena cahaya matahari ter halang kanopi hutan. 
Mengapa disebut hutan hujan, ya? Wah, ternyata curah hujan yang diterima hutan jenis ini memang banyak. Hujan turun hampir sepanjang tahun. Setiap tahunnya, hutan hujan tropis diguyur hujan dengan curah sekitar 170–250 cm (1700–2500 mm). Bandingkan dengan gurun yang hanya menerima curah hujan kurang dari 7 cm (70 mm) per tahun. Suhu hutan hujan relatif hangat. Tidak pernah sampai membeku dan tidak juga sampai panas sekali.
Rumah Satwa dan Tumbuhan
Kawasan hutan hujan merupakan tempat yang paling kaya dengan flora dan fauna. Ya, Teman-
 Begitu pula dengan satwa. Jutaan serangga, reptil, amfibi, burung, dan mamalia ada di hutan hujan. Jumlahnya paling banyak adalah serangga. Ada yang hidup di bagian dasar hutan, ada pula yang bersarang di pepohonan.
hutan hujan
Hutan Hujan
Teman,  keanekaragaman hayati di hutan hujan memang luar biasa. Apalagi, keanekaragaman hayati di hutan hujan tropis. Wah, banyak sekali. Para ilmuwan memperkirakan di bumi ini ada sekitar 5–10 juta spesies, diperkirakan lebih dari setengahnya terdapat di hutan hujan. Banyak tumbuhan dan satwa yang unik dan menakjubkan terdapat di hutan hujan. Menurut para ahli, masih ada sekitar30.000 jenis tumbuhan hutan hujan yang belum teridentifikasi.
Teman-Teman, hutan hujan juga merupa kan tempat tinggal banyak penduduk asli. Umumnya, mereka telah tinggal secara turun-temurun selama ribuan tahun. Mereka mendapatkan makanan, pakaian, obatobatan, serta rumah dari bahan-bahan yang ada di hutan.
Sumber: Orbit, September 2005

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz