Hula: Kesenian Tradisional Hawaii

Artikel terkait : Hula: Kesenian Tradisional Hawaii

Hawaii adalah sebuah pulau istimewa yang ada di muka bumi ini, selain pemandangan alam yang masih alami, anda juga bisa melihat kesenian tradisional Hawaii yang pastinya memukau. Apa saja kesenian asli dari Hawai?
Hula-hula
Jika berbicara tentang kesenian Hawaii, hal pertama yang terlintas di pikiran Mimi adalah tari hula-hula. Pasti kalian sudah pernah lihat tarian yang satu ini. Tarian ini sangat terkenal hingga sering ditampil kan dalam berbagai film. 
Misalnya, dalam salah satu film kartun favorit Mimi, yaitu Lilo & Stitch. Tarian ini memang sangat khas dan biasanya ditarikan oleh para wanita. Mereka memakai rok rumbai-rumbai (pau), hiasan di pergelangan tangan, kaki, kepala, dan kalung yang terbuat dari sejenis rumput atau bunga-bunga. Tarian ini biasanya diiringi oleh nyanyian dan permainan alat musik khas Hawaii. Mele Oli dan Mele Hula. Dalam kesenian Hawaii, ada dua jenis nyanyian (mele). Nyanyian yang pertama adalah mele oli. Mele oli adalah nyanyian yang dibawakan secara solo (oleh satu
orang) tanpa iringan apa pun. Nyayian hanya ditampilkan pada acara-acara khusus. Nyanyian yang kedua adalah mele hula. Mele hula adalah nyanyian yang diiringi oleh alat musik dan tarian
yang kita kenal dengan tarian hula-hula itu. Alat musik yang mengiringi mele hula antara lain: pahu, ipu heke, uli uli, dan suara tepukan tangan yang berirama di dada yang disebut pai umauma.
Pahu
Pahu adalah alat musik pukul khas Hawaii. Pahu terbuat dari batang pohon kelapa yang dilubangi bagian tengahnya.
Kesenian Tradisional Hawaii
Pahu

Bagian atasnya kemudian ditutup dengan kulit sapi atau kerbau, seperti membuat beduk. Namun, pada zaman dahulu, yang dipukul dengan telapak tangan dan jarijari tangan.
Ipu Heke
Ipu atau ipu heke adalah alat musik perkusi yang terbuat dari labu.
Kesenian Tradisional Hawaii
Ipu Heke
  
Labu dipotong bagian atasnya kemudian dikorek isinya menggunakan sendok panjang. Setelah dikeluarkan semua isinya, labu pun dikeringkan. Setelah kering, labu diisi dengan pasir dari Pantai Hawaii dan ipu heke siap digunakan.
Demikian kilas tentang kesenian tradisional dari Hawaii.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz