Keraton Mangkunegaran Solo

Artikel terkait : Keraton Mangkunegaran Solo

Keraton Mangkunegaran Solo. Kota Solo dikenal sebagai kota budaya. Di kota ini terdapat dua keraton, yaitu Keraton Kasunanan dan Keraton Mangkunegaran. Keraton Kasunanan dipimpin oleh Hamengku Buwono XIII, sedangkan Keraton Mangkunegaran dipimpin oleh KGPAA Mangkunegara IX.
Keraton Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito. Keraton ini didirikan oleh Raden Mas Said alias Pangeran Sambernyawa pada tahun 1757. Jadi, sekarang umurnya sudah 250-an tahun. Hingga kini, bangunan keraton ini masih megah.
Di dalam kompleks keraton seluas empat hektar ini terdapat tiga bangunan utama, yaitu Dalem Ageng, Pringgitan, dan Pendapa Ageng. Pada zaman dahulu, Dalem Ageng digunakan sebagai tempat tinggal raja. Para punggawa yang menghadap raja juga akan ditemui raja di ruang ini. Akan tetapi, Raja KGPAA Mangkunegara IX saat ini tinggal di rumahnya sendiri.
Keraton Mangkunegaran Solo
Kerator Mangkunegaran tetap berdiri kokoh
Dalem Ageng ini diapit oleh dua buah bangunan. Sebelah barat adalah Bale Warni, yaitu tempat tinggal permaisuri dan anak-anak perempuan raja.
Sebelah timur adalah Bale Peni atau Ksatryan, yaitu tempat tinggal pangeran dan anak laki-laki raja. Bangunan kedua adalah Pringgitan. Bangunan ini digunakan sebagai tempat pagelaran wayang. Bangunan berikutnya adalah Pendapa Ageng. Pendapa Ageng digunakan untuk menggelar upacara adat, misalnya Tingalan Jumenengan yang jatuh pada tanggal 9 Sura. Tingalan Jumenengan adalah perayaan ulang tahun raja naik takhta.
Demikianlah artikel mengenai seputar Keraton Mangkunegaran Solo yang ada di Kota Solo, kota sejuta budaya.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz