Taj Mahal, Dibangun Selama 22 Tahun

Artikel terkait : Taj Mahal, Dibangun Selama 22 Tahun

Taj Mahal adalah sebuah bangunan terkenal di India dan merupakan salah satu keajaiban dunia yang masih kokoh berdiri sampai saat ini, dibangun selama 22 tahun yaitu dari tahun 1632–1654 . Pembangunannya mengerahkan sejumlah 20.000 orang. Selain itu, 1.000 ekor gajah juga diturunkan untuk membantu proses pembangunan makam yang megah dan indah itu. 
Taj Mahal terletak di kota Agra, India, berada di tepi Sungai Yamuna yang selalu memantulkan keindahan di permukaan air. Bangunan megah yang hampir seluruh bagiannya terbuat dari marmer putih ini memang sangat elok memesona. Dekorasinya berben tuk rangkaianbunga-bunga dan kaligrafi yang bertahtakan permata.
Didalam kompleks Taj Mahal terdapat 5 bagian utama, yaitu pintu gerbang utama/darwaja , taman/bageecha , masjid, rumah peristirahatan (naqqar kana), dan terakhir adalah bangunan Taj Mahal yang berdiri megah ini.
Taj Mahal, Dibangun Selama 20 Tahun 
Taj Mahal dibangun oleh raja Shah Jahan sebagai bentuk hadiah tanda cinta untuk mendiang istrinya, Mumtaz Mahal. Shah Jahan adalah merupakan raja India yang ke-5 dari Dinasti Mughal. Ia sangat mencintai istrinya yang bernama Arjumand Banu atau yang terkenal dengan sebutan Mumtaz Mahal. Dalam tradisi Mughal, perempuan didalam keluarga bangsawan akan mendapat nama baru sesudah menikah. Mumtaz Mahal  berarti hiasan istana. Sayang, pada tahun 1631, Mumtaz Mahal meninggal pada saat melahirkan putra yang ke-14. Tentu saja Shah Jahan sangatlah berduka. Dia ingat betul sebelum meninggal, istrinya  meminta dibangunkan sebuah makam untuknya. Karena cinta yang begitu mendalam terhadap mendiang istrinya, Mumtaz Mahal, maka Shah Jahan membangun sebuah makam yang megah dan indah. Dia membangun sebuah Taj Mahal yang dapat diartikan sebagai mahkota istana.
Bangunan ini dirancang sedemikian rupa oleh banyak arsitek dari Persia dan Arab sehingga jika melihat dari arah mana pun, bentuknya aka tampak sama. Semua bahan bangunan berasal dari India dan negara Asia lain . Marmer putih konon berasal dari Rujastan, batu permata kristal dari negeri Cina, batu pirus hijau dari Tibet, dan batu Safir dari Sri Langka.
Dibagian atas bangunan juga terdapat kubah bulat besar yang menjulang setinggi 30 meter diatas puncak bangunan. Kubah ini menjadi pusat dari semua bangunan.
Itulah cerita kemegahan bangunan Taj Mahal yang dibangun selama 22 tahun. Hebat bukan?

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz