Perjuangan Pattimura

Artikel terkait : Perjuangan Pattimura

Pattimura adalah seorang pejuang dari Maluku. Nama aslinya adalah Thomas Matulessy. Namun, beliau dikenal dengan nama Kapitan Pattimura. Beliau adalah seorang mantan sersan mayor pada dinas militer Inggris.
Pengalamannya dalam medan pertempuran beliau gunakan untuk memimpin rakyat Maluku untuk melawan penjajah Belanda. Perlawanan tersebut dilakukan karena Pattimura tidak rela melihat rakyat Maluku yang mengalami penindasan. Belanda telah bertindak sewenang-wenang pada rakyat Maluku. Belanda bahkan membuat Benteng Duurstede di kota Saparua.
Kapitan Pattimura memimpin perjuangan rakyat melawan Belanda di Maluku pada 1817. Di bawah pimpinan Pattimura rakyat Maluku berhasil merebut Benteng Duurstede dalam waktu dua hari.
Benteng Duurstede
Benteng Duurstede
Bahkan, mereka berhasil membunuh hampir semua penghuninya termasuk Residen Van den Berg. Pertempuran demi pertempuran terus berkobar dan kemenangan terus diraih oleh pasukan Pattimura. Untuk menghadapi perlawanan Pattimura, Belanda menggunakan taktik devide et impera (memecah
belah). Belanda memperalat Raja Booi untuk mengetahui tempat persembunyian Pattimura. Dengan taktik tersebut, Pattimura berhasil ditangkap dan dihukum mati pada 16 Desember 1817.

Sumber: IPS V Kurnia Nandar W dan Ratih

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz