Ayam Serama, Ayam Paling Imut Didunia

Artikel terkait : Ayam Serama, Ayam Paling Imut Didunia

Ayam  serama  dapat  dikatakan  sebagai  ayam  terkecil  di  dunia.  Meskipun tubuhnya kecil danberat nya tidak sampai 5 ons, tetapi ayam ini sudah dewasa. Ayam  serama  berasal  dari  ayam campuran.  Nenek  moyang nya  adalah ayam kate jepang, ayam kaki panjang, dan ayam  silkie.  Para peternak  ayam  serama terus  mencoba  mengawinkan  beberapa  ayam  serama  lain  hingga  lahirlah ayam serama yang lebih kecil lagi.
Berat  ayam  serama  hasil  pe kawinan itu hanya 300 gram dan tingginya 18 cm. Meski  tubuh  ayam ini  superkecil,  tetapi ayam  ini  bukan  ayam  cacat  atau  ayam cebol.  Ayam  ini  betul-betul  ayam yang memiliki  bentuk  tubuh  kecil  dibandingkan dengan ayam-ayam lainnya.
Ayam Serama
Ayam Serama, Ayam Paling Imut Didunia
Warna bulu ayam serama bermacam-macam.  Ada  yang  polos  hitam,  putih seperti  salju,  biru  me ngilat,  campuran dua warna, bahkan ada yang tiga warna. Keunikan  lainnya  adalah  dia  memiliki dada yang membusung.
Karena tubuh ayam ini kecil, tentu saja telurnya pun kecil. Meskipun kecil, harga sebutir telur serama bisa mencapai 300  ribu  rupiah.  Kalau  sudah  menetas menjadi  anak  ayam  umur  1  bulan, harganya bisa mencapai 1 sampai 2 juta. 
Adapun  kalau  sudah  berumur  3  bulan, harganya bisa sampai 5 juta rupiah, Wow!  Mengapa harganya  mahal? Karena ayam ini masih langka. Merawat  ayam  serama  sama  saja  dengan  ayam biasa. Makanannya  pun  sama. Jika kita pandai merawat ayam ini, umurnya bisa mencapai 20 tahun.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz