Cara Cepat Meringkas Buku

Artikel terkait : Cara Cepat Meringkas Buku

Materi cara cepat meringkas buku ini kami bagikan bagi siswa kelas V SD. Sampai saat ini, sudah berapa buku yang kamu baca? Kalau  kamu  mendapatkan  kesulitan menemukan  buku bacaan, kunjungilah perpustakaan sekolahmu atau tempat penyewaan buku. Kamu pun dapat bertukar pinjam buku dengan teman.
Pada pelajaran sebelumnya, sebelum kita belajar bersama bagaimana cara cepat dalam meringkas buku kamu telah belajar mendengarkan dan menanggapi peristiwa. Dengan demikian, hal  tersebut dapat  melatihmu  bersikap  kritis  terhadap permasalahan yang ada.
Sekarang, dengan memahami cara cepat meringkas buku, maka kamu akan dengan mudah membuat ringkasan dari buku yang dibaca. Buku-buku apa saja yang pernah kamu baca?
Cara Cepat Meringkas Buku
Agar wawasan pengetahuan bertambah, kamu harus rajin membaca  buku.  Pada  saat  membaca buku,  kamu  dapat menangkap  isi  buku  tersebut.  Setidaknya  kamu  dapat menjawab pertanyaan: apa isi buku ini? Dengan memahami bagaimana cara cepat meringkas buku tersebut, maka kamu akan segera mengetahui isin buku tersebut.
Salah satu cara untuk memahami isi sebuah buku, yaitu dengan membuat ringkasan buku. Cara cepat dalam meringkas buku dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini:
  1. membaca keseluruhan isi buku dengan cermat;
  2. tulislah pokok-pokok isi buku tersebut dalam bentuk kalimat;
  3. susunlah  kalimat-kalimat  tersebut  menjadi  sebuah ringkasan yang utuh;
  4. gunakanlah  bahasa  yang  baik  dan  runtut  serta perhatikanlah penggunaan tanda baca.


Itulah beberapa langkah dan cara cepat dalam meringkas buku. Selamat belajar ya adik-adik.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz