Struktur Bumi Kita Seperti Apa? Ini Jawaban Lengkapnya

Artikel terkait : Struktur Bumi Kita Seperti Apa? Ini Jawaban Lengkapnya

Struktur Bumi - Bumi adalah merupakan salah satu planet didalam sistem tata surya. Bumi adalah merupakan satu-satunya planet yang  dihuni makhluk hidup. Jarak antara bumi terhadap  matahari diperkirakan 150 juta km. Bumi memiliki suatu lapisan atmosfer yang sangat berperan dalam mendukung kehidupan di bumi. Lapisan ini sangat berguna untuk melindungi bumi dari pancaran sinar matahari dan panas matahari.

Struktur Bumi

Lapisan-lapisan bumi kita diantaranya inti bumi dalam, inti bumi luar, mantel bumi, kerak bumi dan atmosfer.
Gambar  Struktur Bumi
Di lapisan mana  tempat kita hidup? Semua makhluk hidup menempati lapisan kerak bumi yang sering disebut litosfer. Laut luas juga berada pada lapisan kerak bumi. Setiap lapisan bumi mempunyai ketebalan dan susunan material yang berbeda-beda.
Lapisan atmosfer bumi tersusun atas lapisan udara. Lapisan atmosfer tersusun atas
  • troposfer, 
  • stratosfer, 
  • mesosfer, 
  • termosfer, dan 
  • eksosfer. 

Lapisan udara disetiap lapisan atmosfer berbeda. Semakin jauh jarak dari bumi maka lapisan udaranya akan semakin tipis. Lapisan atmosfer sangat melindungi kita dari pengaruh sinar matahari.
Lapisan kerak bumi tersusun atas batu-batuan. Lapisan kerak bumi pada bagian atas telah mengalami pelapukan sehingga berubah menjadi tanah. 
Relief pada kerak bumi atau bentuk permukaan bumi terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, laut, dan pegunungan. Lapisan kerak bumi adalah merupakan tanah yang subur sehingga dipergunakan untuk pertanian.
Pada lapisan bagian tengah lebih dominan tanah yang kedap air serta bebatuan. Lapisan ini banyak menyimpan cadangan air dan mineral sebagai sumber daya alam. Contohnya minyak bumi, batu bara, dan gas. Lapisan paling dalam  bumi yaitu inti bumi. Pada inti bumi tidak terdapat tanah atau mineral lainnya. Inti bumi adalah merupakan lahar pijar yang sangat panas.

Tahukah kamu, seperti apakah struktur bumi sesungguhnya?

Struktur Bumi
Struktur bumi terdiri dari beberapa lapisan, yaitu lapisan kerak bumi, lapisan mantel bumi, lapisan inti luar, dan lapisan inti dalam.

1. Lapisan kerak bumi adalah merupakan lapisan bumi yang paling luar.
Lapisan kerak bumi tersusun dari batu-batuan. Pada lapisan kerak bumi bagian atas, batuan telah mengalami pelapukan dan membentuk tanah. Permukaan kerak bumi terdiri dari daratan dan lautan. Di permukaan lapisan kerak bumi inilah makhluk hidup dapat tinggal dan menjalani hidupnya.

2. Lapisan matel bumi (selimut bumi), adalahmerupakan lapisan yang ada di bawah kerak bumi yang terdiri dari batuan cair yang panas. Lapisan matel bumi merupakan lapisan bumi yang paling tebal.

3. Lapisan inti luar bumi (teras luar), adalah merupakan lapisan yang berada di dalam mantel bumi. Lapisan ini terdiri atas logam cair yang sangat panas.

4. Lapisan inti dalam bumi (teras dalam), merupakan pusat bumi yang berbentuk layaknya  bola. Lapisan ini terbentuk dari besi dan nikel padat. Lapisan inti dalam bumi lapisan bumi yang paling panas, suhunya bisa mencapai 5.000ºC.

Demikian ulasan materi mengenai struktur bumi. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz